Motor Middleweight Elektrik Terbaru Harley Segera Meluncur

  • Share

Tahun 2021 merupakan tahun yang sibuk bagi Harley-Davidson dan LiveWire. Pertama, Mei lalu, perusahaan ini mengumumkan akan melepaskan LiveWire jadi merek sepeda motor listriknya sendiri.

Tidak lama kemudian, pabrik tersebut meluncurkan LiveWire ONE, yang menurunkan harga menjadi 21.999 dolar AS (Rp315,5 juta) sebelum terkena pajak.

Pada akhir tahun 2021 lalu, LiveWire mengumumkan rencana untuk go public pada paruh pertama tahun 2022 melalui merger akuisisi dengan tujuan khusus.

Sehingga, makin memperkuat perkembangannya ke fase berikutnya dalam pengembangan sepeda motor listrik.

Perkembangan lebih lanjut tersebut, setidaknya tahap pertama, tampaknya sudah ada di depan mata.

Pertama dan terpenting, ada pengenalan LiveWire One. Dari sana, LiveWire akan beralih ke sepeda motor kelas menengah, S2, diikuti oleh kendaraan roda dua ringan, S3, yang diproduksi dalam kemitraan dengan KYMCO.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana seperti yang saat ini ditata, S4 akan membuat lingkaran LiveWire kembali ke sepeda motor listrik kelas berat dengan teknologi yang ditingkatkan.  

Pada tanggal 8 Februari 2022, Harley-Davidson melaporkan pendapatan untuk kuartal keempat 2021.

Dalam kesempatan tersebut, CEO Jochen Zeitz (yang juga menjabat sebagai CEO LiveWire saat ini) secara resmi mengatakan, publik dapat mengharapkan sepeda motor listrik kelas menengah LiveWire S2 pertama untuk diluncurkan segera.

Seberapa cepat, tepatnya? Sepeda S2 pertama, yang disebut Del Mar, diharapkan sudah bisa didapatkan sekitar kuartal kedua tahun 2022. Sepeda motor LiveWire S2 akan memanfaatkan arsitektur motor Arrow.

Meskipun detail lengkap tentang Arrow belum tersedia, MoCo mengklaim bahwa LiveWire S2 akan hadir dengan menawarkan mesin yang bertenaga dan desain penggerak langsung.

Bersama dengan fitur-fitur utama termasuk inverter terintegrasi dan pengisi daya on-board.

Rumor yang beredar saat ini juga mengatakan bahwa kendaraan roda dua S3 (istilah yang digunakan LiveWire sendiri) akan menggunakan versi arsitektur Arrow yang diperkecil.

Jika Anda ingat, model LiveWire S3 akan diproduksi dalam kemitraan dengan KYMCO. Jelas, pada bulan Februari 2022, kami berdiri di tebing S2 dan belum mendekati S3.

Tetapi terminologi dokumen investor ini menggunakan frasa khusus “roda dua” untuk merujuk pada model-model ringan yang akan datang.

Apakah itu berarti skuter listrik LiveWire pada akhirnya bisa segera terwujud? Selain itu, sementara kami berspekulasi liar di sini.

Dapatkah dikatakan bahwa kendaraan roda dua listrik ringan dengan bendera LiveWire menggunakan teknologi baterai KYMCO yang dapat ditukar Ionex?

Jika ya, kemungkinan ini adalah cara para konsumen di Amerika Serikat untuk akhirnya mendapatkan KYMCO RevoNEX.

Kami tidak ingin terlalu jauh, tentu saja, tetapi ini adalah beberapa pertanyaan menarik untuk direnungkan.

Pada titik ini, yang kita tahu pasti adalah bahwa LiveWire dan KYMCO akan bekerja sama pada kendaraan roda dua listrik ringan masa depan bermerek LiveWire.

Namun, bukan berarti Harley-Davidson belum akan datang dengan beberapa desain skuter listrik pada masa lalu.

Sebab, sepeda motor ini akan hadir dengan logo LiveWire dan bukan Harley-Davidson, mungkin idenya tidak sepenuhnya mati.

  • Share