Chelsea Lanjutkan Tradisi Final Klub Eropa

  • Share

Romelu Lukaku mencetak gol yang membawa Chelsea mengalahkan Al Hilal 1-0 di semifinal Piala Dunia Antarklub 2001 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rabu (9/2/2022). (Twitter/@ClubWorldCups)
Romelu Lukaku mencetak gol yang membawa Chelsea mengalahkan Al Hilal 1-0 di semifinal Piala Dunia Antarklub 2001 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rabu (9/2/2022). (Twitter/@ClubWorldCups)

JAKARTA — Juara Liga Champions Eropa, Chelsea, melenggang ke final Piala Dunia Antarklub 2021 usai mengalahkan jawara Asia, Al Hilal, dengan skor 1-0 di Stadion Mohammed Bin Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada Kamis (10/2/2022) dini hari WIB. Klub London yang memiliki julukan The Blues ini melanjutkan tradisi klub Eropa yang selalu lolos ke partai final.

Dalam 16 tahun terakhir sejak 2005, partai final Piala Dunia Antarklub memang selalu diisi oleh klub Eropa. Bahkan, dalam 16 partai final terakhir, sebanyak 13 kali juaranya berasal dari Benua Biru. Hanya klub Brasil yang berhasil mencurinya dengan tiga kali menjuarai Piala Dunia Antarklub pada tahun 2012, 2006 dan 2005.

Sementara, Al Hilal gagal menjadi klub Asia ketiga yang melenggang ke partai final. Sebelumnya ada Al Ain (Uni Emirates Arab) pada final 2018 dan Kashima Antlers (Jepang) pada 2016. Namun sayang, keduanya belum mampu mempersembahkan gelar pertama bagi rakyat Asia.

• Sergio Aguero ke Negeri Muslim untuk Tenangkan Diri
• Peman Al Hilal Ini Hancurkan Chelsea 5-2

Eropa benar-benar mendominasi dengan 13 gelar juara dari 16 kali perhelatan. Klub raksasa Spanyol, Real Madrid, menjadi klub yang paling banyak menjuarai Piala Dunia Antarklub dengan torehan 4 gelar. Klub seteru abadinya, Barcelona, menempati posisi kedua dengan tiga kali juara.

Corinthians (Brasil) dan Bayern Muenchen (Eropa) masing-masing meraih dua gelar. Sementara, klub Inggris yang sudah merasakan gelar juara Piala Dunia Antarklub yakni Liverpool (2019) dan Manchester United (2008) masing-masing dengan satu gelar. Inter Milan dan AC Milan juga sama-sama baru sekali merengkuh gelar tersebut.

• Allah tak Ingin Senegal Menunggu Terlalu Lama Lagi
• Mohamed Salah Ingin Balas Dendam. Sadio Mane Tertawa Berseloh

Chelsea akan menghadapi Palmeiras di partai final pada Sabtu (12/2/2022). Palmeiras, klub Brasil yang memenangkan gelar juara Copa Libertadores 2021, melaju ke final usai mengalahkan juara Afrika asal Mesir, Al Ahly, dengan kemenangan 2-0. Palmeiras merupakan juara Copa Libertadores asal Brasil yang kesembilan, yang berhasil melaju hingga ke partai final.

  • Share