12 Warga Gunung Kidul Positif Antraks

  • Share

OtoMobile.id – 12 orang warga Kabupaten Gunung Kidul dinyatakan positif antraks. Kepastian ini usai hasil tes laboratorium dari Balai Besar Veteriner Bogor keluar.

Sebelumnya, Dinkes Kabupaten Gunung Kidul mengirimkan 26 sampel warga ke Balai Besar Veteriner Bogor. Dari 26 sampel ini, diketahui 12 sampel positif antraks.

Kepala Dinkes Kabupaten Gunung Kidul, Dewi Irawaty membenarkan kabarnya adanya 12 warga yang positif antraks. Para warga ini diketahui memiliki gejala berupa kulitnya melepuh.

“12 orang positif antraks. 5 warga Kapanewon (Kecamatan) Ponjong dan 7 warga Kapanewon Gedangsari. Sedangkan lainnya negatif,” katanya saat dihubungi, Rabu (9/2).

Dia menerangkan saat ini ke 12 warga yang positif antraks ini menjalani perawatan di rumah. Meski demikian pihak Dinkes Gunung Kidul melakukan pemantauan intensif pada 12 warga ini.

Dewi menuturkan pihaknya terus memantau kondisi di tempat munculnya virus antraks ini. Saat ini ada dua daerah yang diawasi terkait antraks ini yaitu di Kapanewon Ponjong dan Kapanewon Gedangsari.

Dia merinci penularan virus antraks ini masuk kategori zoonis atau penularannya dari hewan ke manusia. Sehingga penularan dari manusia ke manusia belum ditemukan.

Dewi menambahkan kunci mengatasi antraks ini terletak pada perilaku masyarakat. Yaitu selektif dalam memilih daging yang segar dan memastikan daging yang dikonsumsi berasal dari hewan yang sehat.
[fik]

  • Share