Poin Penting Jaga Keselamatan Pengendara Motor di Musim Hujan

  • Share

Oto Mobile – Hujan masih turun di awal tahun 2022 ini memang patut menjadi perhatian lebih bagi pengguna kendaraan, terutama bagi pengendara sepeda motor yang merupakan alat transportasi terbesar sebagian masyarakat Indonesia untuk melakukan mobilitas sehari-hari.

Menghadapi kondisi ini mengharuskan pengendara motor untuk lebih berhati-hati saat berkendara di jalanan. Untuk menghindari potensi bahaya yang mungkin terjadi, Yamaha Riding Academy menyuguhkan sejumlah tips yang dapat diterapkan pengguna sepeda motor.

”Curah hujan yang kadang-kadang turun lumayan ekstrem membuat pengendara motor harus lebih waspada dan bijak saat berkendara. Kita wajib menerapkan safety riding untuk menjaga diri sendiri dan pengendara lainnya, khususnya menghindari potensi bahaya saat berkendara,” tutur Oriansah. M selaku Instruktur YRA Babel dari Main Dealer Yamaha CV. Sumber Jadi.

Baca juga: Tips Menerawang Bodi Dan Biaya Restorasi Mobil Klasik Sebelum Meminangnya

1. Jaga jarak aman

Berkendara dalam kondisi hujan atau jalan yang basah diperlukan jarak yang aman untuk menghindari kecelakan, dikarenakan jalan lebih licin sehingga traksi atau daya cengkram pada roda motor berkurang.

2. Selalu Waspada

Berusaha untuk tetap fokus terhadap sekitar kita, baik itu kendaraan lain, jalan yang berlubang dan ada orang yang menyeberang, dengan tetap waspada serta menjaga fokus akan membantu pengendara untuk mengatur kecepatan pada kecepatan yang aman.

3. Mengatur Penggunaan Rem

Lakukan pengereman dengan halus dan perlahan, karena saat kondisi hujan traksi atau daya cengkram roda terhadap permukaan jalan yang basah menjadi berkurang. “Menghindari slide atau tergelincir saat melakukan pengereman, atur tekanan rem dan jaga jarak pengereman agar motor lebih mudah dikendalikan,” ujarnya.

Baca juga: Simak Tips Menjaga Kebersihan Bodi Dan Mesin Mobil Saat Musim Hujan

4. Gunakan Safety Gear yang Tepat (ukuran sesuai dan berwarna cerah)

5. Jaga Keselamatan Motor dan Pengendara

  • Kondisi rem yang pakem

  • Kembang atau pola tapak ban yang bagus dan tidak gundul

  • Tekanan ban yang sesuai dengan standar spesifikasi

  • Electrikal atau lampu berfungsi baik

  • Kondisi cover body yang baik, tidak terbuka. Karena air yang masuk dapat menyebabkan korsleting di bagian komponen electrikal

  • Selalu persiapkan kendaraan dengan baik dan lakukan perawatan secara berkala agar kondisi kendaraan selalu prima

  • Share