Erick Thohir Harap Proyek Kopi Nusantara Sejahterakan Petani

  • Share

OtoMobile.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berharap Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara dapat menyejahterakan petani kopi Indonesia. Menurutnya, proyek ini memperbaiki ekosistem bisnis kopi melalui sinergi dari BUMN, swasta, asosiasi dan juga pemerintah daerah.

“Dengan sinergi ini, kami berharap kesejahteraan petani kopi Indonesia juga dapat meningkat dan memberikan nilai tambah bagi komoditas kopi Indonesia,” kata Erick seperti dikutip dari akun resmi Instagram-nya @erickthohir di Jakarta, dikutip Antara, Selasa (8/2).

BUMN membangun ekosistem Makmur untuk menyeimbangkan ekonomi, mendukung pertumbuhan bisnis untuk semua, dan menyejahterakan masyarakat. Melalui PMO Kopi Nusantara, ekosistem Makmur mulai berjalan untuk industri kopi.

“Sudah seyogyanya kita membangun ekosistem kita sendiri, ekosistem Indonesia dalam persaingan di dunia global. Kopi ini punya kesempatan yang luar biasa, kita harus kembali memetakan berapa besar potensi pasar luar negeri dan dalam negeri karena ini faktor keseimbangan saja satu dengan lainnya. Di sinilah kami mencoba untuk membentuk PMO,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan siap bekerja sama dengan berbagai pihak dalam membangun ekosistem untuk kopi. Kesiapan BUMN ini karena 96 persen dari produksi kopi terkait dengan petani. Berbeda dengan kelapa sawit di mana sawit itu sudah 60 persen swasta dan 40 persen petani.

Erick Thohir memandang BUMN punya tanggung jawab untuk mencari solusi bagi kesejahteraan petani kopi. Hal ini dikarenakan harga kopi dunia sedang naik, tetapi harus dipastikan jangan kenaikan harga kopi ini justru menaikkan yang namanya penjual di tengah, tidak langsung kepada petani.

Selain itu, Presiden RI Joko Widodo ingin seluruh program di kementerian dan lembaga benar-benar didorong untuk menyasar langsung pada peningkatan kesejahteraan rakyat. [azz]

Baca juga:
Erick Thohir: Peningkatan Kualitas Kopi Nusantara Bisa Manfaatkan Program Makmur
CEK FAKTA: Tidak Terbukti Minum Kopi Pahit Bisa Sembuhkan Covid-19 Varian Omicron
Menteri Teten Dorong Pengusaha Kopi Lokal Manfaatkan MotoGP ‘Seruput’ Cuan
Indonesia Ekspor Kopi Robusta Rp1,6 Miliar ke Oman

  • Share