Jangan Salah! Pria Juga Butuh Pakai Skincare

  • Share

Jakarta, CNBC Indonesia – Belum lama ini, warganet di Twitter ramai memperbincangkan sebuah cuitan yang mencemooh satu akun karena meminta rekomendasi perawatan kulit wajah atau skincare untuk pria. Para pengguna Twitter menilai cuitan tersebut bernada toxic masculinity karena sebenarnya tidak ada yang salah dari laki-laki yang menggunakan perawatan kulit. 

Faktanya, sama seperti wanita, laki-laki juga perlu dan butuh merawat kulitnya. Bukan hanya untuk alasan penampilan, tapi juga karena kesehatan. 

Meski begitu, memang ada sejumlah perbedaan antara kulit wanita dan kulit pria. Dibandingkan dengan wanita, kulit pria memiliki lebih banyak kolagen dan elastin yang membuat kulit mereka tebal dan kencang. Ini juga yang menyebabkan tanda-tanda penuaan kulit pria muncul lebih lambat dibandingkan wanita. 

Terlepas dari perbedaan tersebut, para ahli menyebut bahwa prinsip dasar perawatan kulit untuk laki-laki pada dasarnya sama dengan wanita. 

Mengutip Healthline, berikut adalah 3 langkah perawatan dasar kulit yang disampaikan Dr. William Kwan, dokter kulit berlisensi di San Francisco, California, AS:

1. Bersihkan wajah 

Langkah pertama perawatan kulit adalah membersihkan wajah secara teratur setiap hari, idealnya di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Dokter Kwan merekomendasikan para pria untuk menggunakan pembersih berbusa ringan sebelum bercukur untuk membantu mengurangi minyak di permukaan wajah. Selama tidak memiliki kulit sensitif, Anda dapat menggunakan pembersih ber-eksfoliasi untuk pengalaman bercukur yang lebih baik. 

2. Serum 

Setiap hari, kulit berjuang melawan berbagai macam polusi dan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif berhubungan dengan reaksi negatif tubuh kita terhadap hal-hal buruk, seperti polusi udara, asap rokok, bahan kimia industri, dan sinar UV.

“Serum antioksidan, seperti vitamin C, sangat membantu mengurangi kerusakan dan harus digunakan di pagi hari sebelum pelembab,” kata Kwan.

Ia merekomendasikan para pria untuk mengoleskan serum setelah rutinitas bercukur.

“Untuk mereka yang berusia di atas 30 tahun, retinol bisa membantu menghaluskan garis-garis halus dan kerutan,” jelasnya.

3. Pelembab dengan Tabir Surya

Di pagi hari, setelah mengoleskan serum antioksidan, proteksi kulit wajah Anda dengan pelembab yang mengandung tabir surya minimal SPF 30. Tabir surya tidak hanya untuk aktivitas pantai atau olahraga luar ruangan. Paparan sinar matahari saat melakukan kegiatan sehari-hari, seperti saat naik motor di jalan, dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Di malam hari, pilih pelembab ringan tanpa tabir surya. Meski begitu, dokter Kwan mengatakan, Anda tidak perlu menggunakan pelembab di malam hari jika kulit tidak kering! Pelembab sangat mirip dengan air minum. Cukup pakai ketika membutuhkan. 

[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)



  • Share