Satpol PP Amankan Orangtua yang Manfaatkan Anaknya Mengemis

  • Share

OtoMobile.id – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang mengamankan orang tua yang diduga memanfaatkan anaknya untuk mengemis di kawasan SPBU Jati, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Senin (7/2) malam.

Kepala Satpol PP Padang Mursalim mengatakan, orang tua bersama dua orang anaknya diamankan petugas saat mengemis kepada pengendara yang akan mengisi BBM di SPBU tersebut.

“Kita sangat menyayangkan sikap dari orang tuanya itu, karena dengan tega membiarkan anak kandungnya untuk mengemis atau meminta-minta di SPBU itu, seharusnya (kan) mereka itu belajar dan bermain,” kata Mursalim di Padang, Selasa (8/2).

Dia mengatakan yang dilakukan orang tuanya itu diduga telah melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Padang nomor 11 tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat yang tertuang dalam Bab VII ayat 1.

“Ketentuan itu berbunyi, setiap orang atau badan dilarang mengobjekkan atau memperalat anak-anak dibawah umur untuk mengemis atau memanfaatkannya untuk kegiatan mengemis,” sebut Mursalim.

Selanjutnya, orang tua dan kedua anak tersebut dibawa ke Mako Satpol PP untuk didata dan dimintai keterangannya. Apabila terbukti mempekerjakan anak dibawah umur, maka akan dikirim ke PPA.

“Jumlahnya dua anak beserta orang tuanya. Kita tunggu hasil PPNS, jika nanti terbukti mempekerjakan anaknya, akan dikirim ke PPA, namun jika tidak kita lakukan pembinaan lebih lanjut,” kata Mursalim. [ded]

Baca juga:
Satpol PP Amankan 11 Pengemis Bawa Anak di Tangerang Selatan
Alasan Ekonomi, Orang Tua di Tangsel Sewakan Anak untuk Mengemis di Jalan
MUI: Fatwa Haram Beri Uang Pengemis Upaya Pencegahan, Kemiskinan Urusan Pemerintah
MUI Sulsel Haramkan Beri Uang ke Pengemis, Dinsos Makassar Terbantu
Bayi 10 Bulan Dijadikan Manusia Silver, Polres Tangsel Usut Dugaan Eksploitasi Anak
Ketua Komisi VIII Minta Pelaku Eksploitasi Bayi Cat Silver Dibina

  • Share