11 Film dan drama Korea kenakalan remaja, lebih peduli isu di sek

  • Share

OtoMobile.id – Kegiatan belajar-mengajar kembali berlangsung setelah adanya pandemi Covid-19. Para siswa kembali masuk ke sekolah untuk menimba ilmu dengan guru. Mereka yang merindukan bertemu dengan teman sejawat saat sekolah, tentu merasa senang.

Kisah yang terukir di sekolah tentu tidak dapat terlupakan. Momen percintaan hingga meraih prestasi menjadi kenangan tersendiri yang kelak akan diceritakan untuk anak dan cucu kita.

Walaupun di masa sekolah tidak sedikit dari kita pernah melakukan kenakalan, seperti menyontek saat ujian, membolos pelajar, bahkan mengolok-olok teman, bahkan mungkin saja mengolok-olok teman sekolah, namun peristiwa seperti itu tentu membuat pelajaran tersendiri agar kita berani dan saling menghormati.

Saat ini para remaja tengah senang mengikuti film-film asal Negeri Ginseng. Ya, betul sekali film Korea. Banyak dari mereka mengidolakan aktor maupun aktris Korea. Baik dari segi penampilan, gaya hidup, maupun cara berbahasa.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Selain itu, film Korea kerap kali memberikan alur cerita yang menarik. Terutama dengan genre romantis yang membuat para penggemar film Korea baper. Film horor Korea juga tak kalah sering membuat penontonnya menutup mata dengan aksi menegangkannya.


Terlepas dari semua itu, ada beberapa film Korea yang menceritakan tentang kisah pilu di sekolah. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (8/2), berikut 11 film Korea bertema kenakalan remaja.

1. Bleak Night (2011).

11 Film Korea tentang kenakalan remaja, edukasi untuk kaum pelajar © asianwiki.com

foto: asianwiki.com/Bleak_Night

Film Bleak Night menceritakan tentang kisah kenakalan remaja sekolah yang mengakibatkan kematian Gi-Tae. Ayahnya yang merasa kurang memberi perhatian dan kasih sayang kepada anaknya, merasa terpukul atas kematiannya, sehingga ia berusaha mencari kebenaran mengapa anaknya meninggal dunia.

Suatu saat ayah Gi-Tae yang diperankan oleh Jo Sung-ha menemukan foto Gi-Tae bersama teman sekolahnya. Dong-yoon dan Hee-joon yang menjadi teman Gi-Tae lantas ditemui oleh ayah Gi-Tae. Akankah misteri pembunuhan Gi-Tae dapat terungkap oleh ayah Gi-Tae?

2. Thread of Lies (2014).

11 Film Korea tentang kenakalan remaja, edukasi untuk kaum pelajar © asianwiki.com

foto: asianwiki.com/Thread_of_Lies

Film yang disutradari oleh Lee-han ini menceritakan tentang perjuangan seorang ibu dalam mengungkap misteri pembunuhan anaknya. Sosok ibu yang sangat mencintai anaknya tersebut merasa ada yang janggal dengan kematian anaknya. Film ini diangkat dari novel berjudul Wooahan Geojitmal karangan Kim Ryeo-ryeong,yang rilis pada Maret 2014.

3. Compassion (2014).

11 Film Korea tentang kenakalan remaja, edukasi untuk kaum pelajar © asianwiki.com

foto: asianwiki.com/Compassion

Film Compassion berkisah tentang seorang siswi bernama Jung Ha-na yang mengalami gangguan tidur. Ia mengalami sakit insomnia yang luar biasa setelah mengetahui temannya bunuh diri.

Saat malam hari, Ha-Na membayangkan bahwa orang tuanya memiliki hubungan tidak harmonis. Namun paginya ia menemui kedua orang tuanya dalam kondisi baik-baik saja.

Hal tersebut membuat ia depresi yang berujung pada perubahan sikap. Teman sekolah yang tahu Ha-Na menjadi orang yang aneh pun akhirnya melakukan perundungan kepadanya.

4. My Little Baby, Jaya (2017).

11 Film Korea tentang kenakalan remaja, edukasi untuk kaum pelajar © asianwiki.com

foto: asianwiki.com

Film ini bercerita tentang seorang siswi bernama Jaya yang memiliki ayah pengidap sakit celebral palsy. Bermula saat Jaya dan teman-temannya berkumpul, ia ditanya mengenai pekerjaan ayahnya. Namun Jaya yang saat itu menjadi primadona kakak kelasnya berusaha berbohong kepada teman-temannya.

Alhasil setelah kebohongan Jaya terungkap, ia pun menjadi bulan-bulanan teman sekolahnya. Bahkan kakak tingkat yang semula suka dengannya ikut melakukan perundungan. Karena peristiwa tersebut, Jaya dikeluarkan dari sekolahnya.

Cerita berlanjut saat ia bekerja di sebuah swalayan. Di sana ia menceritakan perundungan yang dialami saat duduk di bangku sekolah. Karena pemilik swalayan tersebut merupakan ahli di bidang hukum, ia mengajukan petisi ke kementerian pendidikan setempat. Namun sayang karena nama sekolahan menjadi buruk, Jaya kembali menjadi bahan perundungan lebih kejam lagi.

5. Mourning Grave (2014).

11 Film Korea tentang kenakalan remaja, edukasi untuk kaum pelajar © asianwiki.com

foto: asianwiki.com/Mourning_Grave

Film Korea tentang kenakalan remaja juga ada yang bergenre horor thiller, loh. Mourning Grave menceritakan tentang siswa yang memiliki karunia indra keenam. In-Soo yang dapat melihat makhluk tak kasat mata, memiliki teman hantu baik hati.

Pada suatu hari, terjadi teror dari makhluk astral memakai masker yang mengancam teman sekolah In-Soo. Usut punya usut, hatu tersebut memiliki hubungan dengan teman hantu In-Soo, dan ia mengalami perundungan saat masih duduk di bangku SMA.

6.Socialphobia (2015).

11 Film Korea tentang kenakalan remaja, edukasi untuk kaum pelajar © asianwiki.com

Foto: asianwiki.com/Socialphobia

Film Socialphobia yang disutradari oleh Hong Seok-jae merupakan film bergenre misteri. Film ini mengisahkan tentang misteri perundungan via internet. Bermula saat Ji-woong dan Yong-min yang bersiap untuk mengikuti ujian masuk departemen kepolisian, mereka dikejutkan dengan sesorang yang mengaku Re-Na yang memberikan komentar tidak sedap mengenai kematian seorang anggota militer di dunia maya. Karena emosi, mereka berusaha mencari keberadaan orang yang mengaku Re-Na tersebut. Namun mereka tak menyangka bahwa alamat dari akun Re-Na tersebut terdapat seorang mayat yang telah bunuh diri.

7. Shark: The Beginning (2021).

11 Film Korea tentang kenakalan remaja, edukasi untuk kaum pelajar © asianwiki.com

foto: asianwiki.com/Shark:_The_Beginning

Film yang jangan sampai telewatkan untuk kamu adalah Shark: The Beginning. Film yang dibintangi oleh Kim Min-Suk ini diambil dari webcomic yang berjudul “Shark” karangan Woon.

Mengisahkan tentang Cha Woo-Sol yang dibully hingga ia masuk penjara. Saat di dalam penjara, Woo-Sol bertemu seorang juara gulat nasional. Ia meminta untuk diajari cara bertarung, agar dapat melakukan balas dendam kepada Bae Seok-Chan yang telah merundungnya. Film ini rilis pada bulan Juni 2017.

8. Class Of Lies (2019).

11 Film Korea tentang kenakalan remaja, edukasi untuk kaum pelajar © asianwiki.com

foto: asianwiki.com/Class_of_Lies

Drama dari Class of Lies memiliki alur cerita yang cukup menarik dan berbeda dari drama sekolah lain. Yoon Gyun-Sang yang memerankan Ki Mook-hyeok, seorang pengacara yang hanya mementingkan uang. Kala itu, ia berusaha memecahkan kasus pembunuhan di sebuah SMA. Namun apa daya, kariernya anjlok setelah ia tidak dapat menyelesaikan kasus tersebut dengan baik.

Mook-Hyeok akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang guru di sekolahan tersebut. Di mana ia menemukan sebuah fakta bahwa di sana banyak sekali terjadi perundungan. Tak hanya itu, sekolah tersebut berindikasi melakukan korupsi yang membuat ia harus menyelesaikan kasus tersebut.

9. Who Are You: School (2015).

11 Film Korea tentang kenakalan remaja, edukasi untuk kaum pelajar © asianwiki.com

foto: asianwiki.com

Drama Korea mengisahkan tentang perundungan yang tidak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Who Are You: School. Mengisahkan tentang dua saudara kembar yang terpisah. Go Eun-byul merupakan siswi yang tinggal bersama orang tuanya. Ia memiliki kasih sayang yang lebih daripada dengan saudara kandungnya, Lee Eun-bi. Eun-byul yang mengetahui saudara kandungnya menjadi korban pembullyan di sekolah berusaha melakukan balas dendam kepada mereka setelah percobaan bunuh diri Eun-Bi yang gagal.

10. Extracurricular (2020).

11 Film Korea tentang kenakalan remaja, edukasi untuk kaum pelajar © asianwiki.com

foto: asianwiki.com/Extracurricular

Alur cerita dari drama ini cukup menarik karena menceritakan perjuangan dua orang siswa sekolah yang berusaha mandiri. Ji-Soo yang diperankan oleh Kim Dong-hee, merupakan seorang yang pandai di sekolah. Namun karena masalah ekonomi, ia berani terjun ke dunia kriminal untuk memperoleh uang buat ia kuliah. Ia melakukan bisnis prostitusi ilegal yang membuatnya mendapatkan masalah. Drama ini menceritakan kelamnya dunia pendidikan di Korea Selatan.

11. Angry Mom (2015).

11 Film Korea tentang kenakalan remaja, edukasi untuk kaum pelajar © asianwiki.com

foto: asianwiki.com/Angry_Mom

Seorang ibu yang tidak terima anaknya menjadi korban perundungan rela masuk ke dalam sekolah untuk menuntut keadilan. Drama Angry Mom mengisahkan seorang ibu bernama Jo Kang-ja dengan putrinya Oh Ah-ran yang berusaha mencari kebenaran di sekolah Ah-Ran. Namun mereka menemukan fakta bahwa sekolah tersebut memiliki masalah yang sangat pelik.

(brl/tin)

  • Share