Doddy Sudrajat Ngebet Pindahkan Makam Vanessa Angel, Ternyata Wajib Kantongi Persetujuan H. Faisal?

  • Share

OtoMobile.id
Doddy Sudrajat bak sudah tutup telinga dengan hujatan publik selama ini. Bagaimana tidak, meski “diserang” habis-habisan oleh netizen, namun rencana ngebet Doddy untuk memindahkan makam Vanessa Angel justru disebut semakin kuat. Bahkan belum lama ini pengacara Doddy mengklaim kliennya sudah mengurus segala perizinan untuk memindahkan makam Vanessa Angel dari sisi Bibi Andriansyah.

Sebelumnya sempat beredar kabar jika Doddy Sudrajat ngotot akan memindahkan makam sang putri setelah 100 harian Vanessa Angel pada pertengahan bulan Februari 2022 nanti. Namun sepertinya rencana tersebut tak akan berjalan sesuai rencana.

Pasalnya tentu ada banyak sekali syarat yang harus dipenuhi pihak Doddy sebelum memindahkan jenazah Vanessa Angel menjadi satu makam dengan sang ibu. Bahkan baru-baru ini beredar kabar jika H. Faisal juga harus diikutsertakan dalam rencana pemindahan makam tersebut.

Hal ini dijelaskan oleh Abdul Halik selaku pengawas TPU Karet Bivak. Abdul Halik menjelaskan beberapa prosedur pemindahan makam, salah satunya menunggu selama tiga tahun jika TPU tersebut berada di naungan Pemprov DKI Jakarta.


Sementara itu peraturan berbeda diterapkan di Taman Pemakaman Islam Malaka, Pesanggrahan, tempat Vanessa disemayamkan satu liang lahad dengan sang suami. Menurut Abdul Halik, memindahkan jenazah wajib mengantongi persetujuan dari pihak yang memakamkan. Tentu saja dalam hal ini tak lain adalah H. Faisal.

“Di Taman Malaka itu kan wakaf. Jadi beda. Kalau di wakaf itu kembali lagi ke wakafnya, diperbolehkan enggak untuk digali? Kan begitu,” kata Abdul Halik saat dikonfirmasi oleh Suara.com, Selasa (8/2).

Persetujuan itu juga menjadi syarat di TPU Karet Bivak, dimana Doddy Sudrajat berniat memindahkan makam sang putri ke sana. Menurut Abdul Halik, pemindahan makam harus mendapatkan persetujuan dari kedua pihak keluarga. Tak hanya itu, surat izin gali dari Taman Makam Islam Malaka dan surat kematian Vanessa Angel juga harus diikutsertakan.

“Kami sifatnya cuma terima kerangka dari luar. Kalau persyaratannya ada, kami terima,” jelasnya. “Penting juga ada surat pernyataan persetujuan dari kedua belah pihak di atas materai antara keluarga Bapak Vanessa Angel sama pihak suaminya (Vanessa Angel). Karena makamnya itu kan dia masih satu liang lahad,” tandasnya.

(wk/sept)

  • Share