Peluncuran Tim Repsol Honda, Ubahan Radikal di RC213V

  • Share

Oto Mobile – Tim pabrikan asal Jepang, Repsol Honda resmi melakukan peluncuran motor dan line-up pembalapnya untuk menghadapi MotoGP 2022, Selasa (8/2).

Secara tampilan motor, kini bentuk fairing lebih agresif dengan winglet atau aerofairing baru bermodel kumis lele yang menggantikan bentuk kotak dari motor sebelumnya. Model fairing ini mirip dengan yang dipakai oleh Ducati dan Aprilia selama beberapa tahun terakhir.

Baca Juga : Ducati Desmosedici GP22 Siap Jadi Juara MotoGP 2022

“Anda bisa melihat perbedaan besar dari motor saat ini dibandingkan musim lalu, bukan hanya bagian luar saja tapi juga dalamnya. Memulai musim 2022, konsep kami yaitu memecahkan cangkang kami untuk meningkatkan performa. Keseluruhan motor tentu berbeda, mulai dari mesin, sasis hingga elektronik,” ungkap Tetsuhiro Kuwata selaku Direktur Honda Racing.

Lalu, bentuk ram air-nya juga meninggalkan model pipih dan berganti dengan model yang lebih besar dan tinggi seperti beberapa pabrikan lain termasuk Ducati dan Yamaha. Sebelumnya, pada sesi tes pramusim di Sepang, HRC sempat menjajal dua model fairing dan salah satunya yang dipakai pada launching ini.

Selain bagian depan, perubahan besar juga terlihat di bagian belakang RC213V baru ini. Bentuk buritan kini lebih berisi. Lalu, posisi knalpot yang meredam dua silinder belakang mesin V4 juga berubah. Kini, tidak lagi berada di tengah melainkan lebih ke kanan bodi belakang.

Dengan perubahan radikal ini, para pembalap berlogo sayap tunggal itu berharap bisa tampil lebih kompetitif dari musim sebelumnya.

Baca Juga : Monster Energy Yamaha MotoGP Sudah Buka Selubung

“Sudah sepuluh musim saya jalani di MotoGP dan sepuluh musim di tim Repsol Honda adalah mimpi. Maksud saya itu adalah sesuatu yang tidak dapat saya bayangkan dalam mimpi terbaik saya, tentu saja selama 10 tahun ini kami telah mencapai hasil yang baik. Target saya tahun ini berjuang keras dan meraih kemenangan,” ungkap Marc Marquez.

Memulai musim baru, RC213V anyar mereka masih dibalur warna oranye kombinasi putih dan merah. Tidak lupa dengan tulisan Repsol yang kini lebih besar dan beberapa sponsor yang terpampang di motor tunggangan Marc Marquez dan Pol Espargaro ini.

Baca Juga : Suzuki Rilis GSX-RR 2022, Tampil Lebih Segar

“Kami hanya memiliki lima hari pengujian dan sudah mengetahui bagaimana tim, dan motornya untuk memulai musim 2022. Sepanjang tahun dengan motor baru kami akan meningkatkan performa dan bisa tampil lebih kompetitif. Saya pikir dari Qatar kami akan merasa siap untuk berjuang untuk meraih target kami,” tutup Pol Espargaro.

Usai sukses tes di Sepang, Malaysia, Marc Marquez dan Pol Espargaro tengah bersiap untuk melakukan sesi tes kedua di Sirkuit Mandalika selama tiga hari (11-13 Februari).

  • Share