Skoda 1100 OHC Coupe, Sports Car Terlupakan yang Direkonstruksi

  • Share

Saat ini termasuk brand utama di bawah Grup Volkswagen, Skoda sebenarnya pernah menjadi salah satu produsen mobil paling maju secara teknologi di Blok Soviet.

Divisi motorsport mereka berpartisipasi dan memenangkan banyak balapan kontinental dan internasional.

Dan, untuk merayakan ulang tahun ke-120, pabrikan Ceko itu telah memutuskan untuk merestorasi salah satu sports car mereka yang paling langka.

Jika ini adalah pertama kalinya Anda mendengar tentang 1100 OHC Coupe, jangan khawatir – itu memang mesin yang cukup langka.

Faktanya, Skoda hanya memproduksi dua sampel dari coupe sport itu, yang dimaksudkan untuk digunakan dalam balapan – meskipun karir mereka hanya berlangsung sekitar dua tahun antara 1960 dan 1962.

Sekitar empat tahun kemudian, kedua mobil tersebut dijual kepada pelanggan pribadi.

Sebab, coupe tersebut tidak lagi diperbolehkan bertanding dalam perlombaan karena punahnya kategori under 1.100 cm3.

Kedua kendaraan itu hancur dalam kecelakaan, dan Skoda kemudian mengambil beberapa komponen untuk restorasi dari sampel pertama yang diproduksi.

Rekonstruksi 1100 OHC Coupe adalah proses yang panjang dan sulit, dimulai pada 2015 dengan renovasi seluruh sasis, ditambah lagi radiator yang baru direkonstruksi, tangki bahan bakar, serta elemen lainnya.

Tim yang mengerjakan proyek tersebut termasuk spesialis dari Museum Skoda, dan mereka dapat memperoleh dokumentasi teknis orisinal dari sports car tersebut.

Menariknya, beberapa komponen mekanis asli itu hanya memiliki sedikit keausan, dan bisa digunakan dalam mobil yang direstorasi.

Skoda melaporkan, bagian paling menantang dari proses restorasi ini adalah bodi aluminium.

Para mekanik memanggil rekan mereka dari Prototype Center milik Skoda, yang membuat kisi tiga dimensi berdasarkan gambar 2D mobil yang tersedia.

Tim tersebut kemudian membuat model skala 1100 OHC Coupe, dan setelah proyek mendapat persetujuan akhir, para insinyur mulai mengerjakan dinding partisi, lengkungan roda, serta elemen bodi lainnya.

Menariknya, untuk menyelesaikan restorasi, Skoda harus mencari beberapa suku cadang lebih kecil yang identik dengan suku cadang yang digunakan pada kendaraan produksi pada saat itu.

Itu mungkin bagian termudah dari keseluruhan proses restorasi.

  • Share