China Temukan Alat Test Seakurat PCR, Deteksi Covid 4 Menit

  • Share

Jakarta, OtoMobile.id – Ilmuwan China mengklaim telah mengembangkan alat test virus Covid-19 seakurat tes laboratorium PCR yang bisa deteksi Covid-19 dalam 4 menit.

Tes reaksi berantai polimerase (PCR) secara luas dianggap paling akurat dan sensitif untuk virus penyebab Covid-19, tetapi biasanya memakan waktu beberapa jam.

Beberapa negara telah mengalami backlog yang parah dalam menghadapi permintaan alat tes pengujian swab PCR yang karena penyebaran eksplosif dari varian Omicron yang sangat mudah menular.

Alat deteksi ini dibuat oleh para peneliti dari Universitas Fudan di Shanghai dan telah dipulikasikan jurnal Nature Biomedical Engineering. Tim peneliti mengatakan sensor mereka – yang menggunakan mikroelektronika untuk menganalisis materi genetik dari penyeka – dapat mengurangi kebutuhan tes laboratorium Covid-19 yang memakan waktu.

“Kami menerapkan biosensor elektromekanis untuk mendeteksi SARS-CoV-2 ke dalam perangkat prototipe terintegrasi dan portabel, dan menunjukkan bahwa virus itu terdeteksi (virus RNA) dalam waktu kurang dari empat menit,” tulis penelitian itu seperti dikutip dari AFP, Selasa (8/2/2022).

Para peneliti mengatakan metode mereka menawarkan kecepatan, kemudahan pengoperasian, sensitivitas tinggi dan portabilitas. Uji coba mereka melibatkan pengambilan sampel dari 33 orang di Shanghai yang terinfeksi virus corona, dan dibandingkan dengan tes PCR dilakukan secara paralel.

Studi mereka melibatkan pengujian metode baru pada 54 sampel, termasuk orang dengan demam yang tidak memiliki virus corona, mereka yang menderita influenza, dan sukarelawan yang sehat.

Kasus-kasus itu tidak menghasilkan hasil positif palsu, kata tim tersebut.

Para peneliti Fudan mengatakan bahwa setelah dikembangkan, perangkat pengujian mereka dapat digunakan untuk pengujian cepat dalam berbagai situasi, termasuk bandara, fasilitas kesehatan, dan “bahkan di rumah”.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)



  • Share