Calon Mobil Baru ‘Sultan’, Nih! SUV Ferrari Diproduksi Mulai Tahun Ini – Berita Otomotif

  • Share

MARANELLO – Sport utility vehicle (SUV) Ferrari sebentar lagi bakal benar-benar terealisasikan.

Ferrari, seperti dilaporkan Carscoops baru-baru ini, tahun ini siap memulai perakitan SUV mereka yang telah lama bikin penasaran. Sayang, rincian produksi SUV yang kabarnya akan bernama Purosangue itu tidak disebutkan.

Peluncurannya sendiri, menurut pabrikan berlogo kuda jingkrak tersebut ketika memublikasikan laporan keuangan 2021, bakal terjadi tidak terlampau lama dari sekarang.

Pengiriman Purosangue kepada para ‘sultan’ yang memesannya dijadwalkan terjadi mulai 2023.

SUV Ferrari Purosangue

Ferrari pertama kali membeberkan akan masuk ke segmen SUV tiga setengah tahun lalu.

Sebelum itu, merek-merek spesialis supercar seperti Porsche, Lamborghini, Aston Martin, Maserati sudah terlebih dahulu tergiur dengan potensi tren SUV, hingga akhirnya masuk ke sana.

Alhasil, lahir lah model-model seperti Porsche Cayenne, Porsche Macan, Lamborghini Urus, Aston Martin DBX, Maserati Levante.

Tren SUV juga membuat pabrikan mobil ‘darah biru’ semisal Rolls-Royce yang tadinya hanya membuat sedan kemudian meluncurkan SUV Cullinan pada 2018.

Lebih lanjut, serangkaian prototipe Purosangue berkali-kali tertangkap kamera sedang dites dalam beberapa bulan belakangan.

Difoto saat menggunakan stiker kamuflase, detail desain dari SUV Ferrari belum bisa diketahui dan sejauh ini para penggila maupun media otomotif hanya bisa ‘bermain’ tebak-tebakan.

Beberapa opsi dapur pacu diekspektasikan menjadi mesin dari Purosangue. Salah satu di antaranya ialah mesin hybrid 2.9-liter twin-turbocharged V6 yang juga digunakan oleh 296 GTB.

Mesin ini menggelontorkan daya puncak 819 hp, dengan torsi 740 Nm. Jika prediksi ini benar terjadi dan tenaganya sebesar itu, Purosangue bakal menjadi SUV paling ganas yang pernah diproduksi.

Namun, seandainya sistem hybrid tidak dipakai, mesin tersebut masih mampu memuntahkan 654 hp–lebih besar ketimbang Urus.

Perkiraan lain adalah mesin Purosangue nantinya berkapasitas 4.0-liter twin-turbocharged V8 milik SF90 Stradale tanpa sistem hybrid.

Ada pula tebakan bahwa SUV Ferrari kelak dipersenjatai mesin naturally aspirated V12.

Sekali lagi, semua opsi mesin SUV Ferrari di atas masih bersifat ekspektasi atau prediksi dari berbagai pihak. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

  • Share