Ditemui Macron, Putin Sepakat Rusia Hentikan Manuver Baru di Perbatasan Ukraina

  • Share

OtoMobile.id – Presiden Rusia, Vladimir Putin berjanji tidak melakukan manuver militer baru di dekat Ukraina saat ini sebagai pertanda kemungkinan deeskalasi, ungkap seorang pejabat Prancis setelah Putih menggelar pembicaraan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Menurut pejabat Prancis ini, Putin juga setuju para tentara yang terlibat dalam latihan militer di wilayah Belarusia dekat perbatasan Ukraina akan ditarik kembali.

Putin sendiri tidak menyinggung perihal ini ketika berbicara kepada media setelah enam jam pertemuan dengan Macron di Kremlin pada Senin malam. Reuters tidak bisa mengonfirmasi Rusia telah menyepakati komitmen tersebut.

Pejabat Prancis yang berbicara kepada wartawan itu menolak disebutkan namanya.

Dikutip dari Reuters, Selasa (8/2), Macron merupakan pemimpin Barat yang bertemu Putin sejak Moskow mulai mengerahkan pasukannya di dekat Ukraina. Negara-negara Barat mengatakan mereka khawatir Rusia sedang bersiap untuk melakukan invasi. Moskow membantah hal tersebut tapi mengatakan pihaknya bisa mengambil tindakan militer kecuali beberapa permintaan mereka terkait keamanan dipenuhi.

Pejabat Prancis tersebut mengatakan, selama pembicaraan Macron setuju untuk “membuka dialog terkait pertanyaan-pertanyaan strategis,” tapi tidak ada rincian terkait apa yang dibahas dalam dialog itu.

Putin menuntut perubahan pengaturan keamanan di Eropa, termasuk janji bahwa NATO tidak akan pernah mengakui Ukraina, rudal tidak akan pernah dikerahkan di dekat perbatasan Rusia dan aliansi Barat akan mengurangi infrastrukturnya di kawasan itu.

Pejabat Prancis itu juga mengatakan dicapai kesepakatan selama pembicaraan Putin-Macron untuk meningkatkan diplomasi di bawah Format Normandia, di mana Prancis dan Jerman telah bertindak sebagai fasilitator dalam pembicaraan yang melibatkan Rusia dan Ukraina.

[pan]

  • Share