Merek Mobil China Mau Jadikan Indonesia Pusat Produksi Global

  • Share

Selasa, 8 Februari 2022 – 18:08 WIB

OtoMobile.id – Setelah hampir sepuluh tahun menghilang, pabrikan roda empat asal China, Chery akhirnya kembali meramaikan pasar otomotif di Indonesia. Tak hanya menjual produk andalannya saja, mereka juga akan membangun pabrik dan menjadikannya pusat produksi global.

GM Marketing PT Chery Motor Indonesia (CMI), Rifkie Setiawan mengatakan, saat ini pihaknya tengah menantikan pembangunan pabrik Chery di Cikarang, Jawa Barat. Rencananya, ruang produksi tersebut baru akan beroperasi dua tahun dari sekarang.

“Kami memang sudah berencana membangun pabrik, itu kurang lebih membutuhkan waktu dua tahun. Kita juga sudah koordinasi dengan pemerintahan dan mereka sudah memberikan arahan dan rekomendasi tempat di kawasan Cikarang,” ujar Rifkie Setiawan di Jakarta Pusat, dikutip OtoMobile.id Otomotif, Selasa 8 Februari 2022.

Chery Tiggo Meluncur di Jakarta, Januari 2022.

Chery Tiggo Meluncur di Jakarta, Januari 2022.

Photo :

  • OtoMobile.id.co.id / Septian Farhan Nurhuda

Nantinya, saat pabrik tersebut sudah beroperasi penuh, Chery akan menjadikannya sebagai pusat produksi di Asia dan dunia. Nantinya, mobil-mobil andalan mereka, seperti Tiggo atau QQ Electric akan dibuat di sana dan dikirimkan ke banyak negara peminat.

“Setiap brand kan harus memilih negara untuk dijadikan pusat produksi. Nah, Chery sendiri melihat peluang dari segi demografi dan market, Indonesia menjanjikan. Maka kami memilih Indonesia untuk mengakomodasi (permintaan) domestik, ASEAN, dan global,” tuturnya.

“Ke depannya, kita tak hanya memproduksi mobil setir kanan saja, melainkan juga mobil setir kiri,” lanjutnya.

  • Share