Perbedaan body lotion dan body serum serta manfaatnya untuk kulit

  • Share

OtoMobile.id – Agar tetap terjaga kesehatannya tak hanya sekadar merawat kulit wajah saja. Namun tubuh juga memerlukan perawatan supaya terjaga dan tetap sehat baik dalam maupun luar. Nah, untuk merawat tubuh dari luar pelembap khusus bisa menjadi penolong.

Dewasa ini sudah banyak produk pelembap tubuh yang memiliki konsentrasinya masing-masing dalam masalah perawatan kulit tubuh. Sehingga kamu harus memperhatikan kegunaan dan manfaatnya supaya kamu tidak salah memilih bentuk perawatan kulit tubuhmu. Seperti halnya, kulit tubuh yang kering, ingin mencerahkan kulit tubuh dan permasalahan lainnya.

Salah satunya pelembap yang dapat merawat kulit tubuhmu yakni body lotion dan body serum. Keduanya memiliki manfaat dan kegunaan yang berbeda. Karena konsentrasi dan kandungannya pun berbeda. Nah, kali ini brilio.net akan menjelaskan tentang perbedaan body lotion dan body serum serta manfaatnya untuk kulit tubuhmu. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/2).

Perbedaan body lotion dan body serum.

Perbedaan body lotion dan body serum   © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

1. Tekstur.

Body lotion memiliki tekstur yang cair karena kandungan minyaknya lebih rendah. Body lotion juga pilihan yang tepat jika kamu menginginkan perawatan yang dapat digunakan seluruh tubuh.
Sedangkan body serum sendiri memiliki tekstur yang ringan dan kandungan nutrisinya lebih banyak, terdiri dari Vitamin, Antioksidan, glycolic acid dan lactic acid. Sehingga tekstur body serum diformulasikan lebih ringan agar mudah meresap ke seluruh tubuh. Jika terkena air body serum tidak membuat licin seperti body lotion.

2. Cara kerja.

Cara kerja dari body lotion sendiri dengan membentuk lapisan pelindung di atas kulit sehingga dapat membantu menjaga lapisan pelindung utama kulit supaya tetap lembap. Body lotion dalam proses kerjanya terasa lengket dan licin di permukaan kulit terlebih ketika terkena air.

Sedangkan cara kerja body serum sendiri tentu berbeda, karena body serum dikhususkan untuk melindungi dan menghidrasi kulit hingga lapisan terdalam kulit. Molekul-molekul body serum lebih mudah meresap dan juga tidak memiliki sensasi lengket dan licin ketika terkena air.

3. Harga.

Body lotion dijual dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan body serum yang dijual lebih mahal. Hal itu disebabkan karena kandungan dan manfaat yang terkandung dalam body serum berbeda.

Manfaat body lotion.

Perbedaan body lotion dan body serum   © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

1. Menjaga kelembapan kulit.

Body lotion memberikan manfaat yang dapat melembapkan kulit. Ketika kamu mengalami permasalahan kulit kuring, dapat mengaplikasikan body lotion setiap harinya sehingga dapat mencegah terjadinya kulit pecah-pecah akibat kering. Karena tinggal di daerah yang beriklim tropis akan membuat kulit mudah kering sehingga membutuhkan kelembapan.

2. Mencerahkan.

Selain melembapkan, body lotion juga memiliki manfaat dapat mencerahkan kulit tubuh, lho. Pigmentasi selalu jadi fokus utama wanita Asia yang mendambakan kulit cerah. Namun sinar UV menjadi penghambat, maka gunakan body lotion yang mengandung vitamin B3 untuk memperlambat proses pigmentasi, sehingga kulit menjadi cerah.

3. Mencegah dehidrasi.

Sama halnya dengan tubuh kamu yang membutuhkan cairan, kulit juga membutuhkan cairan supaya terlihat lembap. Biasanya menghabiskan seharian dalam ruangan ber-AC akan membuat kulitmu kering, maka dari itu supaya kulitmu nggak kekurangan cairan bisa gunakan body lotion.

4. Mengencangkan kulit.

Body lotion dapat mengencangkan kulit dan membuat kulit kamu terlihat lebih sehat karena terawat. Faktor yang membuat kulit kamu kencang dengan menggunakan body lotion yakni terdapat kandungan glycerin dan retinol.

5. Bebas kusam.

Body lotion memberikan manfaat sebagai perlindungan bagi kulit kamu supaya tidak kusam dan terlihat lebih cerah. Body lotion yang lembap dapat membantu mengangkat sel kulit mati lebih mudah daripada tanpa menggunakan body lotion.

Manfaat body serum.

Perbedaan body lotion dan body serum   © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

1. Menghaluskan dan menutrisi kulit secara maksimal.

Kandungan nutrisi pada body serum akan memenuhi kebutuhan kulitmu sehingga kulit selalu sehat dan teksturnya halus. Kamu yang memiliki pemasalahan kulit kering, kasar dan mengelupas akan mudah diatasi dengan body serum.

2. Melindungi dari cuaca panas.

Penggunaan body serum yang sesuai untuk kulit kering dan sering beraktivitas di luar ruangan dapat membantu permasalahan kulitmu. Dengan memilih body serum yang mengandung SPF sudah dapat memberikan manfaat untuk kulitmu.

3. Mencegah penuaan dini.

Kandungan nutrisi yang ada pada body serum yakni Vitamin C, E dan kolagen mampu membantu menyamarkan kerutan halus dan flek hitam yang kerap memicu penuaan dini.

4. Mendukung proses regenerasi kulit.

Kulit juga membutuhkan nutrisi yang memadai sehingga proses pergantian sel-sel kulit dapat berlangsung. Dengan kamu menggunakan body serum setiap harinya akan memaksimalkan sehingga kulitmu bebas kusam dan tampak glowing secara alami.

5. Meminimalkan resiko perubahan warna kulit.

Manfaat body serum yang kaya nutrisi akan membantu mempertahankan warna alami kulitmu sehingga tidak kelihatan kusam. Karena resiko paparan sinar matahari akan membuat kulitmu lebih mudah mengalami perubahan, maka dari itu penggunaan body serum yang memiliki kandungan serta nutrisi yang baik dapat melawan resiko perubahan warna kulit.

Related News

  • Share