Belasan Sekolah Ditutup Akibat Covid-19, Gibran Pastikan PTM Jalan Terus

  • Share

OtoMobile.id – Belasan sekolah ditutup sementara akibat ada yang terpapar Covid-19. Namun Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terus berjalan. Gibran hanya menghentikan PTM di sekolah yang ditemukan kasus Covid-19.

“PTM lanjut terus, kecuali yang sudah menjadi klaster, PTM dihentikan sementara dan digantikan PJJ,” ujar Gibran, Rabu (2/2).

Meski muncul sejumlah klaster sekolah, Gibran meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak khawatir. Putra Presiden Jokowi itu beralasan, sebagian besar yang terpapar Covid di sekolah merupakan orang tanpa gejala (OTG). Sehingga proses penyembuhannya pun lebih cepat.

“Tenang saja, tidak perlu khawatir. Karena kebanyakan mereka itu OTG jadi sembuhnya cepat. Memang kasusnya sedang naik kok,” tukasnya.

Terkait pelaksanaan PTM, Gibran mengaku masih akan berkoordinasi dengan dinas terkait. Hal tersebut untuk menentukan apakah PTM akan digelar 50 persen atau 100 persen.

“Secepatnya kita koordinasikan lagi. Yang penting muridnya aman, orang tua murid juga nyaman,” katanya.

Sementara itu berdasarkan laporan, lanjut Gibran, sekolah yang menutup kegiatan PTM adalah SMA Warga. Untuk sekolah yang lain, akan terus dilakukan pemantauan. Jika yang positif Covid hanya satu atau sedikit, bukan berarti klaster. Sehingga PTM harus tetap dilanjutkan.

“Maksudnya tidak perlu ditutup lama. Tapi kita tracing semua kok, tertib banget kok,” katanya. .

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan ada 11 sekolah di Kota Solo yang ditemukan siswa terkonfirmasi Covid-19. Kesebelas sekolah tersebut dari SD, SMP dan SMA. Di antaranya SDN Sayangan, SDN 16 Mangkubumen, SDN Pangudi Luhur Valentinus, SDN Kemasan Kratonan.

Untuk SMP, ada SMPN 4, SMP Bintang Laut. Sedang SMA, ada SMA Warga, SMAN 1, SMAN 5, SMA Mikael, dan SMA Kristen 1.

“Total ada 40 kasus yang ditemukan di PTM sekolah. Tracing terus dilakukan untuk mengetahui adanya kasus lagi,” terang dia. [eko]

Baca juga:
Wagub DKI soal Usulan PTM Dihentikan Sementara: Masih Didiskusikan Pemerintah Pusat
Kasus Covid-19 Naik Signifikan, Pemkot Depok Minta Pemerintah Pusat Evaluasi PTMT
Covid-19 Melonjak, Gubernur Banten Hentikan PTM di Tangerang Raya
Dinas Pendidikan Jakarta Tegaskan Sekolah Bukan Klaster Penularan Covid-19
Imbas Temuan Kasus Covid-19, 190 Sekolah di Jakarta Ditutup
Kasus Covid di Jakarta Tinggi, Anies Usul PTM Dihentikan Selama 1 Bulan Kedepan

  • Share