7 Manfaat madu untuk wajah, bantu atasi penuaan dini

  • Share

OtoMobile.id – Madu dikenal memiliki banyak manfaat untuk manusia seperti halnya untuk pengobatan dan pendamping menu makanan. Namun tidak hanya untuk itu, ternyata madu juga memiliki manfaat sebagai perawatan wajah. Karena madu memiliki kandungan anti-mikroba dan antioksidan yang dapat menutrisi dan menjaga kesehatan kulit wajah.

Tak hanya dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi berabagi jenis makanan. Manfaat madu juga berasal dari kandungan vitamin, seperti vitamin C dan Vitamin E. Madu dapat mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit kamu yang bermasalah atau rusak sehingga dapat mengurangi peradangan pada kulit wajah.
Penasaran apa saja manfaat madu untuk wajah? berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/2).

1. Melembapkan kulit wajah.

Manfaat madu untuk wajah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Salah satu manfaat madu ialah untuk melembapkan, karena madu memiliki kandungan senyawa yang bernama humektan yang berfungsi untuk merawat kulit kering. Humektan bekerja dengan menarik air ke lapisan atas kulit, maka dari itu humektan dapat melembapkan kulit.

Selain kulit kering yang membutuhkan pelembap, namun kulit berminyak pun dapat menggunakan madu sebagai salah satu perawatan kecantikan kamu, lho. Karena senyawa humektan dapat merawat wajah berminyak dengan mempertahankan kelembapan dan elastisitas kulit.

2. Mencegah penuaan dini.

Manfaat madu untuk wajah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Setiap wanita pasti menginginkan kulit wajah yang mulus dan bersih. Namun karen faktor usia biasanya mulai muncul tanda-tanda penuaan dini. Tanda penuaan dini dikarenakan dari hal-hal yang bersentuhan dengan wajah setiap harinya. Tapi jangan khawatir, madu juga dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, lho.

Kandungan yang ada di dalam madu yakni Mineral, Vitamin, Antioksidan dan Amino maka dari itu madu dikenal sebagai Anti-aging. Cukup menggunakan masker madu kamu dapat merasakan manfaatnya. Untuk hasil yang lebih maksimal, bisa ulangi perawatan ini hingga dua sampai tiga kali dalam seminggu.

3. Mengangkat sel kulit mati.

Manfaat madu untuk wajah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat madu selanjutnya yakni sebagai eksfoliator yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga tidak menyumbat pori dan membuat wajah tampak kusam. Tekstur madu yang lembut membantu membersihkan wajah, karena tidak semua produk eksfoliator memiliki tekstur yang kasar.

Madu di dalamnya memiliki enzim yang bermanfaat sebagai scrub. Untuk kamu pemilik kulit kering, bisa campurkan madu dengan oat. Sedangkan untuk pemilik kulit berminyak, bisa campurkan madu dengan tepung. Kamu bisa menggunakan campuran masker madu ini sambil memijat halus wajah. Diamkan selama lima menit dan cuci wajah untuk membersihkannya.

4. Mencerahkan wajah.

Manfaat madu untuk wajah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat madu lainnya yakni dapat mencerahkan kulit wajah. Karena madu memiliki kandungan Antioksidan alami yang menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini biasanya disebabkan oleh sinar matahari dari aktivitas sehari-hari.

5. Mengurangi jerawat pada kulit wajah.

Manfaat madu untuk wajah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Nah, manfaat madu yang selanjutnya dapat mengurangi jerawat, lho sobat brilio. Karena di dalam madu terkandung zat Anti-inflamasi dan zat Anti-bakteri yang mampu meredakan pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada wajah akibat jerawat.

6. Menyembuhkan luka.

Manfaat madu untuk wajah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat madu lainnya yakni dapat menyembuhkan luka, karena madu memiliki susunan kimiawi yang berupa gula dengan osmolalitas yang tinggi sehingga dapat mencegah adanya bakteri dan virus. Ketika kulit wajahmu sering terkena paparan debu, polusi dan sinar matahari, dengan manfaat madu untuk wajah semua masalah tersebut dapat diatasi.

7. Melindungi dari kerusakan kulit.

Manfaat madu untuk wajah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Selanjutnya, madu juga memiliki manfaat untuk melindungi kerusakan pada kulit. Kerusakan kulit akibat paparan sinar UV dan segala aktivitas di luar ruangan lainnya. Antioksidan yang terkandung dalam madu sebagai pelindung organ internal dari jenis kerusakan.

Related News

  • Share