Gelombang 3 Mengancam RI, Stok Vitamin dan Obat Covid Aman?

  • Share

Jakarta, OtoMobile.id – Meningkatnya kasus Covid-19 termasuk adanya varian Omicron membuat Indonesia terancam masuk gelombang ketiga. Bagaimana stok obat dan vitamin di dalam negeri?

Ketua Umum Gabungan Perusahaan (GP) Farmasi Indonesia, Tirto Kusnadi memastikan pihaknya bisa memenuhi kebutuhan obat Covid-19 dan vitamin. Ini berlaku juga untuk kebutuhan obat bagi pasien dengan gejala berat.

“Fakta-fakta kebutuhan obat Covid panduan asosiasi kedokteran kita siap. Sepanjang diberitahukan kebutuhan obat itu misalnya sudah off paten hampir bisa disediakan. Untuk ringan bisa vitamin-vitamin. Berat, rumah sakit sudah tersedia,” kata Tirto dalam rapat bersama Komisi VI, Rabu (2/2/2022).

Dia menyebutkan jumlah ketersediaan beberapa vitamin dan obat di Indonesia. Misalnya Vitamin C, D, E, Zinc tersedia 147 juta tablet serta antivirus Favipiravir sebanyak 91 juta tablet.

Ada juga Azithromycin dengan 11 juta tablet. Remdesivir Injeksi sebanyak 403 ribu vial serta Tocilizumab/Regdanvimab ada 26 ribu tablet.

Dia mengatakan sejak awal pandemi, anggota asosiasi farmasi berusaha memenuhi obat-obatan di tanah. Walaupun dia akui memang saat pertama kali ada hantaman pandemi, belum terlalu sempurna.

Tahun lalu, pihaknya juga berusaha memenuhi kebutuhan obat-obat seperti Ivermectin, Favipiravir dan Remdesivir. Namun memang sempat terjadi masalah saat itu karena kasus Covid-19 yang melonjak. 

Kenaikan tersebut juga berimbas pada permintaan yang juga melonjak sebanyak 4-5 kali. Menurutnya hal yang sama terjadi juga di seluruh dunia.

“Begitu mendadak kejadian Covid-19 sehingga 405 kali kebutuhan. Seluruh dunia juga sulit mendadak dengan permintaan 4-5 kali lipat,” kata Tirto.

[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)



  • Share