Kantor di IKN Baru Dibangun, PNS Pindah Duluan Kerja Dimana?

  • Share

Jakarta, OtoMobile.id – Pemerintah akan mulai pembangunan tahap awal Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di tahun ini. Sekaligus juga memindahkan para Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Adapun tahap awal atau jangka pendek pembangunan ini akan berlangsung pada 2022 hingga 2024. Begitu juga dengan pemindahan abdi negara.

Untuk di tahap awal, pemerintah baru akan membangun infrastruktur dasar seperti jalan, istana kepresidenan, gedung MPR/DPR, gedung perkantoran dan perumahan bagi penduduk dan PNS yang pindah di tahap awal.

Untuk gedung perkantoran, Pelaksana Tugas Direktur Regional II Bappenas Muhamad Rudolf mengatakan di tahap awal ini PNS akan berbagi kantor terlebih dahulu. Sebab, gedung perkantoran yang di baru empat blok di jangka pendek ini.

“Paling komprehensif ada empat blok perkantoran (dibangun) yang mewakili kementerian koordinasinya. Nanti kita dorong sharing office pertama dulu,” ujarnya dalam diskusi Forum Merdeka Barat, Rabu (2/2/2022).




IKN (Dok: PUPR)Foto: IKN (Dok: PUPR)
IKN (Dok: PUPR)

Kemudian, secara bertahap pemerintah akan membangun lebih banyak gedung perkantoran sehingga bisa menampung lebih banyak PNS. Juga tanpa perlu berbagi kantor.

Meski demikian, ia tidak menyebutkan kantor PNS mana dulu yang akan dipindah begitu juga dengan skema pemindahannya. Sebab, saat ini masih dalam pembahasan dengan Kelompok Kerja (pokja).

“Saat ini masih dibicarakan mekanisme pemindahan. Kami di IKN ada Pokja, salah satunya Pokja ASN, berapa yang didorong pertama kali dan berapa tahapnya,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)


  • Share