Pertahankan Produksi Kain Ulos, Jokowi Resmikan Revitalisasi Kampung Ulos Huta Raja

  • Share

OtoMobile.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi kampung Ulos Huta Raja, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Rabu (2/2/2022). Jokowi menyambut baik atas hasil penataan ulang kawasan tersebut yang sudah dilakukan sejak 2019.

Jokowi kembali mengingat ketika dirinya mengunjungi kawasan itu pada 2,5 tahun yang lalu. Saat itu lah Jokowi juga menyatakan kalau kawasan tersebut harus ditata supaya bisa menjadi destinasi wisata yang menarik.

Jokowi tidak dapat menyembunyikan pujiannya ketika melihat hasil dari penataan ulang yang dilakukan oleh pemerintah khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Karena terakhir saya ke sini, kapan ya? 2,5 tahun yang lalu saya ke sini dengan sekarang betul-betul kelihatan penataannya itu (lihat sekeliling) sangat baik sekali,” kata Jokowi dikutip melalui video yang ditayangkan saluran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (2/2/2022).

Baca Juga:
Belum Genap 2 Bulan Usai Ditinjau Jokowi, Geobag Penahan Banjir di Kampung Ladang Sintang Kalbar Sudah Jebol

Jokowi kemudian menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada warga dan pemerintah daerah yang memberikan dukungan kepada pemerintah pusat untuk melakukan revitalisasi tersebut. Dengan adanya revitalisasi tersebut, Jokowi berharap bisa membantu konservasi terhadap warisan pusaka di Kampung Ulos Hutaraja.

“Saya melihat penataan kampung Ulos Huta Raja yang ini kita harapkan dengan revitalisasi, konservasi, budaya utamanya kain Ulos bisa kita lakukan.”

Melansir situs resmi KemenPUPR, pemugaran itu dilakukan dalam rangka pembangunan infrastruktur pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)/Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara sebagai destinasi wisata unggulan.

Kampung Huta Raja dipilih karena terkenal dengan produksi tenun ulos yang menjadi kearifan lokal. Karena itu KemenPUPR mencoba untuk melakukan revitalisasi beberapa rumah supaya produksi tenun ulos juga terus berjalan.

Baca Juga:
Dibocorkan Gubernur Kaltim, Presiden Jokowi Bakal Berkemah di Titik Nol Ibu Kota Negara Baru

  • Share