11 Skincare routine untuk kulit bruntusan, bikin wajah mulus

  • Share

OtoMobile.id – Penggunaan skincare routine untuk kulit bruntusan bisa kamu dapatkan khasiatnya bila rutin melakukan perawatan tersebut. Berbicara mengenai wajah bruntusan, memang salah satu masalah wajah yang menyebalkan namun sering dialami oleh banyak orang. Bruntusan di wajah disebabkan oleh banyak faktor, seperti komedo, jerawat, alergi, hingga milia.

Dilansir dari Selfcare.com, masalah bruntusan di wajah bisa kamu atasi dengan berbagai cara, misalnya menggunakan bahan alami, menggunakan obat-obatan, atau juga rutin menggunakan skincare.

Kali ini brilio.net akan merangkum rangkaian skincare routine untuk kulit bruntusan. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (2/2).

Skincare routine saat pagi hari

1. Pembersih wajah

Skincare routine untuk kulit bruntusan ©

foto: Freepik/wayhomestudio

Kamu bisa memulai melakukan skincare routine untuk kulit bruntusan dengan rutin membersihkan wajah dengan sabun khusus. Sabun yang kamu pilih ini ada banyak macamnya. Misalnya kamu bisa menggunakan produk Acne Creamy Wash. Produk ini mengandung anti bakteri, vitamin C dan E, sebagai anti radang dan anti bakteri yang dapat mengatasi masalah jerawat dan juga bruntusan.

Cara menggunakannya, ambil produk sabun pencuci wajah secukupnya, kemudian usapkan ke wajah secara merata, lalu bilas dengan air bersih.

2. Toner

Skincare routine untuk kulit bruntusan ©

foto: Freepik/cookie_studio

Selanjutnya kamu bisa menggunakan toner. Toner ini bermanfaat untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang menempel di wajah. Kandungan bahan aktif pada toner dapat membantu menutrisi kulit wajah.

Kamu bisa memilih toner dari produk Some By Mi Toner Snail Truecica. Produk tersebut mengandung bahan utama black snail secretion filtrate sebanyak 90 persen, centella asiatica, mugwort, tea tree, arbutin, niacinamide, dan glutathione yang dapat membantu menghilangkan bruntusan di wajah. Selain itu toner ini juga dapat mengontrol minyak berlebih, memperbaiki tekstur kulit, dan melembapkan kulit.

Cara menggunakannya, tuangkan toner ke kapas, kemudian usapkan ke wajah secara merata sambil ditepuk-tepuk. Biarkan toner meresap sempurna ke kulit.

3. Serum

Skincare routine untuk kulit bruntusan ©

foto: Freepik/pmvchamara

Skincare routine untuk kulit bruntusan dilanjutkan dengan mengaplikasikan serum. Serum merupakan rangkaian skincare yang tidak boleh dilewatkan penggunaannya. Sebab, serum dapat dengan mudah mengunci kelembapan kulit sehingga bisa memberi efek yang lebih cepat sehingga kulit wajah terlihat lebih sehat. Selain itu, serum berbentuk cair dan bening ini juga mampu menyerap ke kulit paling dalam sehingga manfaatnya terasa di kulit wajah.

Kamu bisa menggunakan serum khusus kulit bruntusan, salah satunya Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial C-Serum. Produk serum ini mengandung aloe vera, lemon oil, tea tree oil, dan gotu kola yang dipercaya dapat meredakan kulit bruntusan, merawat kulit berjerawat, dan menjaga kelembapan kulit.

Cara menggunakannya, tuangkan dua sampai tiga tetes serum kemudian usapkan ke wajah secara merata, tepuk-tepuk wajah dan diamkan hingga meresap.

4. Pelembap

Skincare routine untuk kulit bruntusan ©

foto: Freepik/jcomp

Rangkaian skincare dilanjutkan dengan penggunaan pelembap wajah. Pelembap yang dipilih juga khusus untuk mengatasi bruntusan. Kamu bisa menggunakan pelembap dari produk Wardah Pure Olive Oil. Produk tersebut mengandung ekstrak minyak zaitun yang tak hanya melembapkan kulit tapi juga membantu mengatasi iritasi akibat bruntusan.

Cara menggunakannya, ambil pelembap secukupnya kemudian oleskan ke wajah secara merata, diamkan hingga meresap.

5. Sunscreen

Skincare routine untuk kulit bruntusan ©

foto: Freepik/wayhomestudio

Setelah menggunakan pelembap, kamu bisa melanjutkan menggunakan sunscreen. Sunscreen digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Kamu bisa menggunakan sunscreen dari produk La Roche Posay Anthelios Dry Touch SPF 50+ PA++++ 50ml. Produk tersebut tak hanya melindungi kulit tapi juga mengontrol produksi minyak di wajah, serta merawat kulit yang bruntusan.

Cara menggunakannya, ambil sunscreen sebanyak dua ruas jari, kemudian usapkan ke wajah secara merata hingga ke leher. Lalu diamkan hingg meresap sebelum menggunakan makeup. Kamu bisa reapply sunscreen setelah tiga sampai empat jam sekali ketika banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

Skincare routine saat malam hari

6. Makeup remover

Skincare routine untuk kulit bruntusan ©

foto: Freepik/wayhomestudio

Selama beraktivitas di luar, pastinya wajah terpapar makeup, polusi, dan debu. Setelah sampai di rumah, kamu bisa memulai skincare routine untuk kulit bruntusan dengan menggunakan makeup remover. Makeup remover ini berfungsi untuk membersihkan wajah dari makeup dan juga debu.

Kamu bisa menggunakan Garnier Micellar Cleansing Water Rose. Produk tersebut mengandung bahan alami bunga mawar yang dapat membantu mengontrol minyak di wajah, mengangkat makeup, serta mengatasi masalah bruntusan dan iritasi.

Cara menggunakannya sangat mudah. Siapkan kapas, tuangkan micellar water secukupnya lalu usapkan ke wajah. Lakukan hingga tak ada sisa makeup di wajah.

7. Pembersih wajah

Skincare routine untuk kulit bruntusan ©

foto: Freepik/jcomp

Setelah itu, kamu bisa kembali membersihkan wajah dengan sabun cuci muka. Pembersih wajah ini dilakukan untuk mengangkat kotoran di wajah lebih maksimal agar wajah tetep sehat.

Kamu bisa kembali menggunakan pembersih yang sama saat dengan digunakan pagi tadi. Sebab pembersih wajah Acne Creamy Wash cocok untuk kamu yang memiliki masalah wajah bruntusan. Kandungan vitamin C dan E, serta anti bakteri di dalamnya dalam meredakan kulit bruntusan.

Cara menggunakannya, tuangkan pembersih wajah secukupnya, lalu usapkan ke wajah secara merata. Bilas dengan air bersih.

8. Toner

Skincare routine untuk kulit bruntusan ©

foto: Freepik/jcomp

Selanjutnya kamu bisa menggunakan toner untuk melengkapi penggunaan rangkaian skincare malam. Toner sendiri mengandung banyak bahan aktif yang bermanfaat untuk menutrisi dan menyegarkan kulit.

Gunakan Some By Mi Toner Snail Truecica. Kandungan black snail mampu menjaga kelembapan kulit. Selain itu, centella asiatica, mugwort, tea tree, arbutin, niacinamide, dan glutathione dapat membantu menghilangkan bruntusan di wajah.

Cara mengaplikasikannya, tuangkan toner ke kapas secukupnya kemudian usapkan ke wajah secara lembut, pastikan wajah benar-benar bersih.

9. Serum

Skincare routine untuk kulit bruntusan ©

foto: Freepik/wayhimestudio

Lanjutkan dengan penggunaan serum. Serum memiliki manfaat yang bagus untuk kulit, apalagi saat malam hari wajah akan melakukan perbaikan pada kulit secara maksimal sehingga penggunaan serum tak boleh dilewatkan.

Gunakan serum Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial C-Serum yang mengandung aloe vera, lemon oil, tea tree oil, dan gotu kola. Kandungan tersebut dipercaya dapat meredakan kulit bruntusan, merawat kulit berjerawat, dan menjaga kelembapan kulit.

Cara menggunakannya, tuangkan dua sampai tiga tetes serum kemudian usapkan ke wajah secara merata, tepuk-tepuk wajah dan diamkan hingga meresap.

10. Pelembap

Skincare routine untuk kulit bruntusan ©

foto: Freepik/wayhomestudio

Lanjut ke skincare routine yang terakhir, kamu bisa menggunakan pelembap wajah atau night cream. Pelembap berfungsi untuk melembapkan serta mengatasi berbagai permasalahan kulit di wajah.

Kamu bisa memilih produk dari Himalaya Herbals Revitalizing Night Cream. Produk ini mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat meremajakan kulit, menghilangkan bruntusan, dan memperbaiki kerusakan kulit.

Caranya, cukup ambil pelembap secukupnya. Kemudian usapkan ke wajah secara merata. Diamkan hingga produk meresap. Lakukan rutin setiap malam untuk hasil yang maksimal.

11. Masker wajah

Skincare routine untuk kulit bruntusan ©

foto: Pixabay/no-longer-here

Masalah kulit bruntusan bisa kamu atasi juga dengan menggunakan produk mingguan, yakni masker wajah. Masker wajah dapat membantu
Mengatasi masalah kulit di wajah.

Kamu bisa menggunakan masker wajah dari produk Innisfree super volcanic pore clay mask 2x. Produk tersebut mengandung Jeju volcanic yang berkhasiat untuk mengatasi masalah kulit bruntusan, membersihkan kulit wajah, dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara menggunakannya, siapkan produk Innisfree super volcanic pore clay mask 2x, lalu oleskan ke wajah menggunakan aplikator secara merata. Hindari bagian mata dan mulut. Diamkan selama 15-20 menit. Lalu bilas dengan air biasa.

Related News

  • Share