Sejumlah Siswa di Jepara dan Purwokerto Terpapar Covid, IDAI Dorong Tes WGS

  • Share

OtoMobile.id – Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jawa Tengah menyebut sejumlah siswa sekolah di Jepara dan Purwokerto terpapar covid-19 selama pembelajaran tatap muka (PTM). IDAI minta pemerintah daerah untuk melakukan Whole Genome Squencing untuk memastikan varian covid-19 pada anak.

“Belum tahu pastinya itu Omicron atau tidak karena belum dilakukan tes WGS. Kita upayakan segera untuk WGS,” kata Sekretaris IDAI Jateng, Choirul Anam, Rabu (2/2).

Dia menyebut meski belum bisa didata secara rinci, namun siswa yang terpapar covid-19 kebanyakan mengalami gejala ringan. Gejala ringan yang dirasakan para siswa mulai terasa demam, batuk-batuk dan pilek.

“Di Jepara maupun Purwokerto, siswa yang tertular Omicron saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing,” ungkapnya.

Menurutnya penularan varian Omicron yang 10 kali lebih cepat ketimbang Delta sangat membahayakan siswa sekolah yang saat ini sedang mengikuti PTM 100 persen.

“Jangan sekali-kali remehkan Omicron. Walaupun secara klinis gejalanya masih ringan, tapi lebih banyak menyasar ke anak-anak sekolah,” terangnya.

Kepada orang tua agar terus memantau setiap kegiatan anak serta menerapkan protokol kesehatan ketat meski anak telah mendapatkan vaksin.

“Protokol kesehatan tolong diterapkan tolong orangtua jangan sampai lengah,” pungkasnya. [eko]

Baca juga:
WHO: Sejak Muncul Omicron Ada 90 Juta Kasus Covid-19 di Seluruh Dunia dalam 10 Pekan
Satu Bulan Pemberangkatan Umrah, 8.000 Jemaah RI Tak Ada yang Terpapar Covid
Pemprov DKI Tambah Kapasitas Tempat Tidur Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 di Maret
Covid-19 Melonjak, Gubernur Banten Hentikan PTM di Tangerang Raya
Satgas: Kasus Covid-19 Mingguan Naik 40 Kali Lipat
Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia Capai 94.109

  • Share