Mengenal setrika wajah, manfaat, dan efeknya untuk kulit

  • Share

OtoMobile.id – Membahas mengenai perawatan kecantikan memang tak ada habisnya. Selalu ada yang baru demi memenuhi kebutuhan masyarakat, salah satunya setrika wajah. Setrika wajah atau yang biasa dikenal dengan perawatan Radio Frequency (RF) yang bermanfaat untuk membantu mengencangkan wajah tanpa melakukan operasi

Perkembangan teknologi saat ini, berpengaruh juga pada tren kecantikan. Banyak orang yang sudah mulai peduli terhadap kecantikan dan kesehatan kulit mereka, bahkan tak hanya wanita lho, para pria juga.

Meskipun tidak tergolong baru, namun perawatan setrika wajah sejak beberapa tahun ini masih jadi salah satu perawatan yang diminati masyarakat.

Lantas bagaimana yah cara kerja dan manfaatnya untuk kulit setelah melakukan perawatan setrika wajah? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari Healthline dan Auroraobgyn, Rabu (2/2).

Apa itu setrika wajah?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setrika wajah merupakan perawatan kecantikan dengan menggunakan Radio Frequency (RF). Perawatan ini sudah dikenal sejak tahun 2001 untuk melawan kulit kendur dan tanda-tanda penuaan.

Setrika wajah ini ada dua bagian, yakni perawatan menggunakan radiasi elektromagnetik atau gelombang radio. Dan yang kedua menggunakan Radio Frequency (RF) dengan frekuensi rendah hingga tinggi.

Cara kerja setrika wajah

Prosedur ini melibatkan penggunaan gelombang energi untuk memanaskan lapisan dalam kulit yang dikenal sebagai dermis. Panas ini merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein paling umum dalam tubuh yang dapat memberi kekencangan pada kulit wajah.

Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit menghasilkan kolagen yang sedikit, yang menyebabkan kulit kendur dan keriput. Kelemahan kulit terjadi sekitar usia 35 sampai 40 tahun ketika kuantitas dan kualitas kolagen kamu mulai menurun.

Namun dengan perawatan setrika wajah ini menggunakan suhu di atas 46 derajat celcius selama tiga menit yang dapat melepaskan protein dalam kulit. Protein ini dapat membantu merangsang pembentukan kolagen terbaru sehingga kulit lebih sehat, kencang, dan kenyal.

Manfaat setrika wajah

Saat melakukan perawatan setrika wajah, pasti kita ingin mendapatkan manfaat yang banyak. Berikut manfaat dari setrika wajah.

– Melawan kerusakan akibat sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat merusak serat kolagen di kulit sehingga kulit menjadi rusak. Kerusakan kulit biasanya terlihat dari munculnya flek hitam, garis halus, dan kerutan di wajah. Namun semua bisa diatasi dengan perawatan setrika wajah.

Sebuah studi tahun 2011 menyatakan seseorang yang melakukan perawatan setrika wajah rutin selama tiga bulan dapat mengatasi masalah kerusakan akibat sinar matahari ringan hingga sedang.

– Mengencangkan kulit

Seperti yang sudah kamu pahami, kalau salah satu manfaat jitu dari setrika wajah adalah mampu mengencangkan kulit. Sebab perawatan tersebut dapat merangsang kolagen sehingga kulit kembali kencang dan kenyal.

– Menghilangkan kerutan dan garis halus

Sebuah studi 2018 melihat efek setrika wajah pda 70 wanita paruh baya yang memiliki masalah kerutan khususnya di area mata. Para wanita paruh baya itu melakukan perawatan secara rutin selama 6 minggu dan hasilnya kerutan mereka tersamarkan.

Para peneliti menemukan bahwa tiga perawatan selama 6 minggu secara signifikan mengurangi kerutan mereka.

– Membuat wajah tirus

Beberapa wanita yang dianugerahi pipi chubby memang terlihat menggemaskan. Namun sebagian dari mereka terganggu. Mereka pun melakukan perawatan untuk meniruskan pipi.

Nah setrika wajah ini juga dapat membantu meniruskan pipi tanpa metode bedah. Sebuah studi tahun 2017 melihat efek penggunaan perawatan setrika wajah untuk memecah lemak di wajah bagian bawah dari 14 wanita Asia paruh baya.

Setelah 5 minggu, lebih dari 90 persen wanita mengalami pengurangan lemak, dan 60 persen puas atau sangat puas dengan hasil mereka.

Keunggulan perawatan setrika wajah

Selain memiliki segudang manfaat yang bagus untuk kecantikan, perawatan ini juga memiliki banyak keunggulan, seperti kamu bisa mendapatkan kulit mulus, tirus, dan kencang tanpa melakukan operasi. Perawatan ini juga tidak memakan waktu lama, cup sejam kamu sudah bisa melihat hasilnya dan tanpa rasa sakit.

Selain itu, Para peneliti menemukan peningkatan yang signifikan dalam kelemahan kulit wajah di semua 11 peserta, dan 73 persen dari mereka mengalami perbaikan dalam kontur wajah. Bahkan perawatan yang dilakukan tiga kali dalam jangka 6 minggu terlihat efek yang berbeda. Dari efek perawaran itu, kerutan di sekitar mata 70 wanita paruh baya tersamarkan.

Hasil tahan lama

Berkat peningkatan produksi kolagen dan elastin, perbaikan pada kulit kamu akan bertahan lama. Beberapa perawatan wajah hanya merangsang otot wajah atau jaringan montok sementara, namun setrika wajah dapat memicu proses penyembuhan internal kulit, dan kolagen secara inheren dibuat untuk bertahan lama. Oleh karena itu, hasilnya akan bertahan selama dua tahun.

Efek samping

Yang namanya melakukan perawatan pasti ada efek samping yang mereka alami. Efek samping dari setrika wajah adalah muncul kemerahan di sekitar area wajah selama beberapa jam. Namun untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, biasanya akan merasakan sensasi yang dihasilkan saat perawatan berlangsung. Tapi tak perlu khawatir karena efek samping setelah perawatan memang wajar dan dianggap relatif aman.

Usia berapa boleh melakukan perawatan setrika wajah?

Sebaiknya, setrika wajah saat sudah memasuki usia 20 tahun ke atas. Perawatan ini dilakukan untuk mencegah kerutan dan garis halus serta masalah penuaan lainnya. Namun bila kamu sudah memiliki masalah penuaan, perawatan ini efektif dilakukan untuk mengencangkan dan menghilangkan garis halus serta kerutan di wajah.

Related News

  • Share