BPSDM Kemenkumham Temukan 100 Orang Calon Taruna Positif Covid-19

  • Share

OtoMobile.id – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Hukum dan HAM menemukan 100 orang calon taruna politeknik imigrasi (Poltekim) positif Covid-19. Kasubbag Humas dan Protokol BPSDM Kemenkumham, Sopi Ahyar menjelaskan temuan tersebut didapati saat mereka dikirim ke Ke SPN Lido guna mengikuti masa basis, Rabu (2/2).

“Pada tanggal 2 februari 2022 Taruna Poltekim dikirim ke Ke SPN Lido guna mengikuti masa basis, berdasarkan hasil swab yang dilakukan oleh Tenaga kesehatan dari Pihak SPN didapatkan hasil sebanyak 100 (seratus) Taruna positif,” katanya dalam keterangan pers, Rabu (2/2).

Sopi menjelaskan mereka yang terpapar sudah dilakukan penanganan. Para catar yang terkonfirmasi positif di tempatkan di Gedung Asrama Tangerang. Kemudian negatif ataupun sedang proses penyembuhan di tempatkan di Cinere.

Sopi menjelaskan pihaknya pada 19 Januari 2022 telah melaksanakan penerimaan calon taruna dari Sekretariat Jenderal ke BPSDM Hukum dan HAM. Sebanyak 641 taruna mengikuti sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Calon taruna wajib membawa surat hasil swab pcr negatif H-2 dan calon taruna wajib mengikuti tes swab antigen di BPSDM Hukum dan HAM. Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Tidak Bersentuhan,” ungkapnya.

Sebelum melaksanakan pendidikan di Sekolah Pendidikan Kepolisian (SPN) Lido. Pihaknya memerintahkan agar seluruh catar melakukan pra basis. Tetapi saat dalam pembekalan tersebut juga ada beberapa taruna yang terpapar covid 19.

“Berdasarkan hasil swab antigen yang dilaksanakan rutin oleh BPSDM Kumham. Bagi Calon Taruna yang terkonfirmasi positif, telah dilaksanakan isolasi mandiri terpusat di Asrama AL 4. Dan bagi Catar yang tidak terkonfirmasi, dilaksanakan karantina terbatas di asrama masing-masing,” bebernya.

Dia pun menjelaskan sebelum melakukan layanan pembekalan, pihaknya sudah melaksanakan pencegahan dan penanganan Covid-19. Mulai dari penerapan protokol kesehatan, disinfektan, hingga bekerja sama dengan Puskesmas Cinere,

“Bekerja sama dengan Puskesmas Cinere, dan RS Pengayoman dalam layanan kesehatan calon taruna/i. Serta merekrut tenaga medis dari luar, baik Dokter maupun perawat yang telah berpengalaman menangani Pasien Covid19 di wisma Atlet,” pungkasnya.

[ded]

  • Share