10 Manfaat daun binahong untuk wajah, atasi masalah jerawat

  • Share

OtoMobile.id – Ada banyak manfaat daun binahong untuk wajah yang bisa kamu dapatkan ketika rutin mengonsumsi ramuan tersebut. Binahong atau pemilik bahasa latin Bassela Rubra Linn ini merupakan salah satu tanaman yang dengan mudah kamu temukan di Indonesia. Namun tanaman ini juga bisa ditemukan di Korea Selatan, China, dan Madagaskar.

Tanaman yang memiliki tipe merambat ini biasa tumbuh di pekarangan rumah. Tak heran bila sebagian orang menganggap tanaman ini merupakan tanaman liar yang sangat mengganggu. Padahal tanaman binahong memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan juga kecantikan, terutama manfaat daun binahong untuk wajah.

Sudah sejak lama, daun binahong dianggap sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan dan juga kecantikan. Daun binahong memiliki banyak kandungan bahan aktif yang sangat bagus untuk kulit seperti vitamin C, kalsium, vitamin A, dan zat besi. Selain itu aja kandungan protein yang sangat tinggi seperti, beta karoten, potassium, lutein, dan fosfor. Ada juga kandungan antioksidan, asam askorbat, flavonoid, fenol, dan alkaloid yang memiliki efek antibiotik spektrum luas dan mampu melawan bakteri Gram positif dan Gram negatif negatif.

Tak hanya untuk kesehatan, ada banyak manfaat daun binahong untuk wajah yang bisa kamu rasakan efeknya. Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/2).

1. Mampu mengencangkan kulit

Manfaat daun binahong untuk wajah ©

foto: Pixabay/engin_akyurt

Manfaat daun binahong untuk wajah yang pertama adalah dapat mengencangkan kulit. Daun ini memiliki banyak kandungan aktif yang bagus untuk menutrisi kulit sehingga wajah terasa lebih kencang dan kenyal secara alami.

Cara menggunakannya, ambil beberapa helai daun binahong kemudian rebus hingga mendidih. Air rebusan tersebut minum setiap pagi dan malam hari agar hasilnya maksimal.

2. Membantu menghilangkan komedo

Manfaat daun binahong untuk wajah ©

foto: Pixabay/gromovataya

Komedo adalah benjolan halus berwarna putih dan hitam sebagai awal munculnya jerawat. Komedo biasa tumbuh di dahi, hidung, pipi, dan dahu. Komedo memang tidak menyebabkan sakit, namun kemunculannya yang banyak itu dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Munculnya komedo karena wajah memproduksi minyak berlebih namun tak bisa sampai ke permukaan karena pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati. Komedo dapat berubah warna menjadi hitam ketika sudah teroksidasi dengan paparan debu, polusi dan matahari.

Ramuan daun binahong juga dapat membantu menghilangkan komedo. Caranya rebus beberapa helai daun binahong, air rebusan tersebut dijadikan untuk mencuci wajah saat pagi dan malam hari. Penggunaan yang rutin, hasilnya akan terlihat.

3. Mampu mencerahkan wajah

Manfaat daun binahong untuk wajah ©

foto: Pixabay/jerzygorecki

Kalau ditanya siapa yang ingin memiliki kulit cerah, pasti semuanya mau. Banyak orang yang menganggap kulit cerah tanda kulit sehat. Tak heran bila mereka rela melakukan perawatan untuk mencerahkan wajah. Namun untuk mencerahkan wajah juga bisa didapatkan dari manfaat daun binahong untuk wajah. Caranya rebus beberapa lembar daun binahong, kemudian air rebusan tersebut diminum setiap pagi dan malam. Daun binahong ini mampu mencerahkan wajah secara alami dari dalam.

4. Menghaluskan kulit wajah

Manfaat daun binahong untuk wajah ©

foto: Pixabay/starkvisuals

Memiliki kulit yang halus lembut tentu idaman setiap wanita. Sebab masalah seperti bruntusan, kulit kasar akibat menumpuknya sel kulit mati, dan jerawat membuat penampilan wajah kurang menarik. Untuk itu kamu bisa menghilangkan amsalah kulit kasar dengan bahan alami yakni ramuan daun binahong.

Caranya siapkan 20 lembar daun binahong, kemudian remus dengan air 500 ml. Diamkan beberapa saat hingga air rebusan dingin lalu gunakan untuk mencuci wajah. Oleskan secara teratur saat pagi dalam malam hari untuk hasil yang optimal.

5. Membersihkan wajah

Manfaat daun binahong untuk wajah ©

foto: Pixabay/beautyimagesdotcom

Bagi kamu yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, pasti wajah sering terpapar sinar matahari, debu, dan polusi. Hal itu membuat wajah kamu terlihat kusam, kering, hingga menimbulkan masalah wajah lainnya. Untuk menghindari masalah tersebut kamu bisa membersihkan wajah dengan daun binahong. Caranya rebus beberapa lembar daun binahong kemudian air rebusan tersebut digunakan untuk membersihkan wajah. Perawatan ini bisa kamu lakukan saat malam hari.

6. Mengatasi jerawat

Manfaat daun binahong untuk wajah ©

foto: Pixabay/7945425

Jerawat merupakan kondisi kulit dimana folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal itu yang menyebabkan timbulkan komedo dan jerawat. Jerawat bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak muda hingga orang tua. Perawatan yang efektif untuk mengatasi masalah jerawat ada banyak cara, yakni dengan menggunakan skincare, ke klinik kecantikan, hingga menggunakan bahan alami.

Berbicara mengenai bahan alami, kamu bisa mengatasi jerawat dengan menggunakan daun binahong. Caranya rebus delapan lembar daun binahong kemudian minum air rebusan tersebut rutin setiap hari hingga jerawat mereda. Selain mengatasi jerawat, air rebusan daun binahong juga dapat membantu mengecilkan pori-pori.

7. Mencegah penuaan dini

Manfaat daun binahong untuk wajah ©

foto: Pixabay/ 7945425

Seiring bertambahnya usia, proses internal tubuh mulai melambat sehingga muncul masalah-masalah kulit yang tak diinginkan, salah satunya masalah penuaan dini. Penuaan dini di wajah biasanya timbul kerutan dan garis halus sebelum usianya. Penyebab munculnya penuaan dini biasanya karena paparan sinar matahari, merokok, gen, kurang tidur, alkohol, kafein dan diet.

Untuk mencegah timbulnya penuaan dini, kamu bisa mulai rutin mengonsumsi daun binahong. Sebab daun binahong kaya akan vitamin A dan C, lutein, zeaxanthin, antioksidan dan beta karoten yang dapat menghindari masalah penuaan dini.

Caranya, konsumsi air rebusan daun binahong saat pagi dan malam hari hari secara rutin agar hasil maksimal.

8. Membantu mengobati luka jerawat

Manfaat daun binahong untuk wajah ©

foto: Pixabay/viki_B

Kandungan flavonoid, saponin, tanin, dan antimikroba pada daun binahong dipercaya ampuh menyembuhkan luka lebih cepat. Salah satunya luka jerawat. Kandungan saponin dalam daun binahong berperan sebagai antiseptik yang berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri. Dengan begitu, maka penyembuhan luka dapat terjadi lebih cepat.

Selain itu, kandungan flavonoid juga berperan untuk meminimalisir peradangan pada luka. Bahkan, luka akan cepat sembuh karena memiliki kandungan tanin yang dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengatasi kerusakan kulit.

Caranya, kamu cukup mengonsumsi daun binahon secara rutin saat pagi dan malam hari. Selain itu, air rebusan daun tersebut juga dapat dioleskan ke bagian luka agar kulit cepat mengering.

9. Mencegah kulit dari paparan radikal bebas

Manfaat daun binahong untuk wajah ©

foto: Pixabay/nika_akin

Melakukan banyak aktivitas di luar rumah menyebabkan kulit mudah terpapar radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan molekul yang sangat reaktif dan tidak stabil yang diproduksi tubuh secara alami sebagai produk sampingan dari metabolisme (oksidasi). Dalam waktu singkat paparan radikal bebas dapat menyebabkan DNA yang rusak hingga bermutasi menjadi penyebab kanker.

Penyebab radikal bebas sendiri mulai dari merokok, sinar matahari, bahan kimia, virus, radiasi medis, hingga polusi udara. Kamu bisa mengatasi masalh radikal bebas dengan menggunakan produk yang mengandung antioksidan. Sebab antioksidan dapat membantu menetralkan molekul yang tidak stabil sehingga mengurangi kerusakan pada kulit.

Kandungan antioksidan pada daun binahong juga bagus untuk mencegah radikal bebas. Caranya konsumsi secara teratur air rebusan daun binahong saat pagi dan malam hari, dengan begitu kulit pun akan terlihat lebih sehat dan bernutrisi.

10. Menyamarkan flek hitam

Manfaat daun binahong untuk wajah ©

foto: Freepik/starkvisuals

Munculnya flek hit Pixabay/ am atau hiperpigmentasi disebabkan oleh banyak faktor, seperti sinar matahari, jerawat, polusi, gen, dan masih banyak lagi. Banyak orang khususnya wanita yang merasa tidak percaya diri ketika memiliki flek hitam di wajah. Untuk itu kamu perlu mengatasi flek hitam dengan daun binahong. Sebab salah satu manfaat daun binahong untuk wajah sebagai solusi menyamarkan flek hitam.

Caranya, siapkan dua lembar daun binahong, kemudian cuci dan haluskan, lalu oleskan ke wajah sebagai masker, diamkan selama 30-60 menit, lalu bilas dengan air bersih. Meskipun tidak bisa menghilangkan 100 persen, namun daun binahong dapat membantu menyamarkan flek hitam di wajah.

Related News

  • Share