Badai Covid-19 Hantam Liga 1 Indonesia

  • Share

Belakangan sembilan pemain Persib positif Covid-19, laga kontra PSM ditunda.

Oto Mobile ID, oleh Hartifiany Praisra


PT Liga Indonesia Baru sebagai operator Liga 1 Indonesia memastikan terdapat banyak pemain dari 12 klub yang terserang virus Corona. Saat ini para pemain tersebut tengah melakukan isolasi di tempat berbeda.


Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru, Sudjarno memastikan pemain yang terkena Covid-19 berstatus sebagai orang tanpa gejala (OTG). Dia menyebut pemain yang bergejala pun terhitung hanya gejala ringan.


“Kalau ada gejala itu batuk dan panas (demam) sedikit, dari sisi medis pun tidak parah karena CT value tinggi dan tingkat kesembuhannya cepat, 3-5 hari saja,” kata Sudjarno dalam konferensi pers, Rabu (2/2/2022).


Sementara itu dokter dari Satgas Covid-19 PT LIB, Alfan Nur Asyhar mengakui ada peningkatan dari jumlah kasus positif. Namun dari setiap tes swab PCR rutin, angka kesembuhan dan positif masih fluktuatif.


“Kita tes swab PCR itu berdasarkan ketika H-1 tim mau pertandingan, artinya jika tim bermain empat kali sehari maka tes dilakukan empat kali sehari,” kata Alfan.


“Dari hasil tes tersebut hasilnya fluktuatif, artinya ada yang positif dan ada juga yang sudah pulih dan sembuh,” kata Alfan.


Alfan memastikan sudah ada 19 pemain dari berbagai tim liga yang telah sembuh dari Covid-19. Di mana 90 persen dari pemain yang sembuh ini pun berstatus sebagai OTG.


“Sisanya bergejala ringan seperti tenggorokan gatal, flu tanpa ingus, dan meski ada demam, suhu badan hangat, hanya 36,5-36,8 derajat celsius. Di mana acuan untuk tidak boleh masuk ke stadion itu 37,5 derajat celsius,” kata Alfan.


Alfan pun memastikan setiap pemain yang menjalani isolasi mandiri tidak ada yang memiliki penyakit komorbid. Beruntung, tidak ada pemain yang diberi asupan obat-obatan tambahan seperti melalui infus maupun suntikan.


“Jadi hanya diobati untuk penyakit bergejala seperti pemberian obat flu atau antinyeri, sisanya kami berikan suplemen vitamin,” kata Alfan.


Sampai Februari 2022, tercatat lebih dari 60 pemain Liga 1 Indonesia musim ini yang menderita Covid-19 dengan 19 di antaranya dinyatakan sembuh. Beberapa klub yang pemainnya terkonfirmasi positif Covid-19 seperti Arema FC, Persebaya, Persib, Persija, PSM, PSS, Madura United, Persik dan PSIS.


Covid-19 membuat dua laga pekan ke-22 Liga 1 yakni Madura United versus Persipura, Selasa (1/2/2022) dan PSM kontra Persib, Rabu (2/2/2022) ditunda. Hal itu lantaran Madura serta Persib tidak memiliki pemain yang cukup untuk berlaga, yaitu kurang dari 14 pemain.


Akhir pekan lalu, manajemen Persib mengkonfirmasi sembilan orang terkena Covid-19, sehingga kini skuat Maung Bandung tersisa 13 orang. Menurut dokter tim Persib, Rafi Ghani 13 pemain yang tidak terjangkit Covid-19 ikut melakukan karantina di hotel.


 


Sebelumnya, Rafi mencurigai ke sembilan pemain Persib sebelumnya terkena varian Omicron. Mengingat, gejala dari varian tersebut tidak seperti varian lainnya.


“Ini gejalanya seperti sakit badan, sakit kepala, lalu ada beberapa yang sakit di tenggorokan, kemudian melakukan tes dan hasilnya positif. Tapi setelah satu dua hari tidak terasa lagi (gejalanya),” kata Rafi.


Sayangnya, belum ada pemain yang pulih dari Covid-19. Sembilan pemain yang telah positif dari akhir pekan lalu masih menjalani karantina.


“Dari PT LIB itu mewajibkan lima hari karantina kemudian lakukan PCR, tapi biasanya kami lakukan tes pribadi karena kami ingin cepat tahu hasil, dan jika negatif pemain bisa bergabung dengan tim,” kata Rafi.


In Picture: Protokol Kesehatan Liga 1 Diperketat

 

 

 

  • Share