Indonesia Dipastikan Ekspor Mobil ke Australia Dalam Waktu Dekat

  • Share

OtoMobile.id, JAKARTA — Akhirnya Indonesia akan mengekspor produksi mobilnya ke Benua Australia.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan bahwa pengiriman mobil ke Benua Hijau terbut bakal terlaksana dalam waktu dekat ini.

Hal tersebut disampaikannya dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu (2/2/2022).

Agus menyebutkan, mobil yang akan diekspor ke Australia tersebut telah menggunakan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) lebih dari 60 persen.

“Saya ingin laporkan juga satu hal yang sangat menggembirakan, insya Allah sebentar lagi dan ini sejarah bahwa Indonesia akan pertama kali melakukan ekspor mobil ke Australia,” ucap Agus.

Baca juga: Bentley Akan Mulai Uji Mobil Listrik Pertamanya Akhir Tahun Ini, Wujudnya Crossover?

“Ini perjuangan kami yang sangat panjang. Karena ini memang keputusan boleh mengekspor atau memperluas negara ekspor tidak di tangan kami tapi di tangan prinsipal.

Kalau untuk melakukan ekspor untuk kendaraan-kendaraan berbasis produsen Jepang, itu keputusannya ada di Tokyo,” tambah Agus.

Dia optimistis, ekspor perdana mobil rakitan Indonesia ini bisa dilakukan sebelum kuartal I 2022.

Baca juga: Toyota Fortuner Pakai Mesin Lebih Kekar, Ini Spesifikasi Lengkapnya

“Pertama kali dalam sejarah mengirim mobil buatan Indonesia yang lokal kontennya sudah di atas 60 persen untuk pasar Australia,” kata Agus.

Agus menambahkan, dirinya memang menargetkan memperluas pangsa pasar ekspor otomotif Indonesia termasuk ke pasar Australia yang dikenal sulit ditembus.

“Pasar Australia ini, selain sulit mendapatkan izin prinsipal dari Tokyo, juga karena Australia mempunyai standar yang sangat tinggi, seperti Euro 4,” ujar Menperin.

Baca juga: Trik Mendongkrak Kapasitas Mesin Motor Matik Honda Vario 125 Jadi 150

Sebelumnya Agus menyebutkan bahwa ekspor mobil buatan Indonesia ke Australia ini dilakukan untuk memperluas pasar kendaraan dalam negeri sekaligus memanfaatkan kemitraan komperhensif Indonesia-Australia di dalam Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

Melalui IA-CEPA, seluruh produk ekspor RI yang masuk ke Negeri Kanguru tersebut dikenakan tarif nol persen. Sehingga, ada peluang meningkatkan sektor otomotif nasional. (Ade Miranti Karunia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Menperin: Sejarah, Indonesia Segera Ekspor Mobil ke Australia”

  • Share