7 Cara tepat menyimpan cabai, nggak mudah busuk sampai 2 bulan

  • Share
7 Cara tepat menyimpan cabai, nggak mudah busuk sampai 2 bulan

foto: Pexels/Artem Beliaikin

OtoMobile.id – Bagi kebanyakan orang, cabai termasuk salah satu rempah yang wajib ada sebagai bumbu masakan. Tak hanya menambah rasa pedas pada makanan, cabai juga bikin makanan semakin lezat, lho. Bahkan, cabai juga mengandung khasiat untuk kesehatan.

Dilansir dari conserve-energy-future.com, cabai bermanfaat untuk melancarkan alat pencernaan, mengatasi migrain, menurunkan risiko kanker, menangkal virus dan inflamasi, menurunkan risiko diabetes, menyehatkan jantung, dan masih banyak lagi.

Seringnya cabai digunakan, banyak pula orang yang gemar membeli cabai di pasaran dalam jumlah besar. Sehingga, bisa jadi stok bumbu di rumah biar nggak sering bolak-balik berbelanja di pasar. Tapi, cabai yang nggak disimpan dengan benar bisa mudah busuk, lho.

Nah, Kamu bisa ikuti cara di bawah ini biar cabai lebih awet disimpan hingga dua bulan. Penasaran, bagaimana caranya? Berikut tujuh cara menyimpan cabai, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber, Rabu (2/2).

1. Cabai tidak perlu dicuci.

Cara menyimpan cabai  berbagai sumber

foto: Pexels/Polina Tankilevitch

Menjaga kebersihan bahan makanan memang penting, tapi biar cabai bisa lebih awet, kamu bisa menyimpannya tanpa dicuci terlebih dahulu. Cuci cabai cukup pada saat ingin digunakan. Pasalnya, mencuci cabai sebelum disimpan bisa bikin cabai lembap dan mudah busuk.

2. Mencabut tangkai.

Cara menyimpan cabai  berbagai sumber

foto: Pexels/Tom Swinnen

Sebelum membeli cabai, kamu sebaiknya memilih tangkainya yang masih kokoh dan berwarna hijau. Nah, kemudian saat akan disimpan, cabut tangkainya agar cabai bisa lebih tahan lama saat disimpan.

3. Gunakan wadah kedap udara.

Cara menyimpan cabai  berbagai sumber

foto: Unsplash/little plant

Penting untuk menyiapkan wadah kedap udara untuk menyimpan cabai. Cabai yang dibiarkan pada keadaan terbuka mudah busuk dalam waktu yang singkat. Kamu bisa gunakan toples plastik maupun kaca untuk menyimpan cabai.

4. Lapisi dengan tisu atau kertas.

Cara menyimpan cabai  berbagai sumber

foto: Unsplash/Kier In Sight

Agar cabai tidak mudah lembap, kamu wajib menaruh tisu atau kertas di dasar wadah. Fungsinya adalah untuk menyerap lembap, sehingga cabai tetap segar dalam waktu yang lama. Cara ini bisa bikin cabai bertahan hingga dua bulan, lho.

5. Memanfaatkan bawang putih.

Cara menyimpan cabai  berbagai sumber

foto: Pixabay/congerdesign

Cukup dengan satu buah bawang putih yang sudah dikupas, kamu juga bisa menjaga cabai tahan lama saat disimpan. Tinggal dimasukkan ke dalam wadah untuk menghambat perkembangan bakteri pada cabai yang bikin cabai cepat busuk.

6. Simpan di dalam kulkas.

Cara menyimpan cabai  berbagai sumber

foto: Pixabay/Alexas_Fotos

Seperti sayuran pada umumnya, kamu bisa menaruh wadah penyimpanan cabai di rak khusus sayuran. Cara ini paling aman untuk menjaga cabai tetap segar dalam waktu lama.

7. Dibekukan.

Cara menyimpan cabai  berbagai sumber

foto: Pixabay/Alit Saha

Dilansir dari chilipeppermadness.com, cabai juga bisa dibekukan saat disimpan. Cara ini juga ampuh bikin cabai tahan lama. Cukup dengan memastikan cabai bersih dan kering, kemudian letakkan pada wadah atau plastik kedap udara. Kemudian, cabai siap disimpan di kulkas bagian freezer.

(brl/mal)

  • Share