Merek Cat Otomotif Lokal Belkote Dukung Industri Modifikasi

  • Share

PASAR otomotif Indonesia saat ini tengah kembali beranjak naik setelah hampir dua tahun dihantam badai covid-19. Tidak hanya penjualan mobil baru yang terus meningkat, taetapi juga seluruh ekosistem industri otomotif, termasuk meningkatnya nilai mobil bekas hingga terus tumbuhnya pasar layanan purna jual kendaraan seperti pengecatan.

Managing Director PT Bintang Chemical Indonesia (BCI) Tio Kay Hok sebagai produsen cat Belkote melihat meningkatnya trend modifikasi di dunia otomotif juga membuat pasar produk pengecatan ulang kendaraan juga ikut meningkat di Indonesia. 

“Hal inilah yang menjadikan Belkote melihat pasar pengecatan ulang kendaraan atau automotive refinish sangat potensial untuk tumbuh di sini,” ujar Tio Kay Hok, Senin (31/1).

Pada awalnya BCI fokus pada pasar pelapisan kayu di Indonesia. Mulai 2016, BCI mulai merambah dunia otomotif, yaitu pengecatan logam dan plastik.

“Kami memiliki teknologi unggul yang mampu menghasilkan cat yang mudah diaplikasikan, cepat kering, tahan lama dan dengan lapisan film yang tebal membuat kilapnya dapat bertahan lama,” tutur Tio Kay Hok. “Konsumen Tanah Air paling suka cat yang keras, mengkilap dan cepat kering,” tambahnya.

Rencana 2022

Memasuki tahun 2022, BCI berencana untuk melakukan banyak terobosan untuk tetap menjadi produk cat otomotif terbaik pilihan para car enthusiast di Indonesia. Salah satunya adalah dengan menjadi co-sponsor Indonesia Modification Expo (IMX) 2022 dan rencana peluncuran merek kedua dari BCI yaitu AXT Series.

“Dengan kompetensi kami dalam teknologi pengecatan otomotif, kami percaya Belkote dapat berkontribusi dalam membangun industri modifikasi Tanah Air, salah satunya dengan terus mendukung kreasi modifikasi anak bangsa dalam Indonesia Modification Expo 2022,” ujar  Marketing Director BCI Andrew Budi Kurniawan.

Selain itu, BCI juga berencana meluncurkan clear coat AXT 410 dan AXT 210, yang akan diteruskan dengan Basecoat Polyurethane AXT pada pertengahan tahun ini, lengkap dengan produk pendukungnya. Saat ini produk Belkote terdiri dari Base Coat, Surfacer, Clear Coat hingga Clear Lack dan Reducer.

Sebagai bentuk apresiasi untuk para pelanggan setia Belkote, tahun ini BCI akan membuat sebuah reward system. Para pengguna setia maupun toko yang selama ini menjual produk Belkote dapat mengumpulkan poin dengan menggunakan rewarding apps. Seluruh poin yang terkumpul, kemudian dapat ditukar dengan beragam hadiah menarik di akhir periode program ini.

BCI juga mengungkapkan rencana untuk meluncurkan varian tertinggi dari Clear Coat Belkote, yaitu Ultra High Solid Clear Coat. Produk ini memiliki kadar solid tertinggi ketika diaplikasikan, ketahanan terhadap cuaca dan ketahanan terhadap bahan kimia, tingkat kekerasan terbaik, namun tetap mudah untuk diaplikasikan. (S-4)


  • Share