Wasapada HP Bisa Rusak Karena Ngecas di Sepeda Motor, Jika…

  • Share

Rabu, 2 Februari 2022 – 09:05 WIB

Oto Mobile – Pengisian daya baterai handphone alias ngecas HP pada sepeda motor kini seolah menjadi fitur wajib, hal tersebut karena nilai fungsionalnya, sehingga pengendara motor bisa tetap beraktivitas menggunakan handphone setelah berkendara.

Apalagi kini telepon genggam sudah menjadi menu wajib bagi seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari, terutama di kota besar. Sebab, hampir semua orang memiliki smartphone atau telepon pintar, sehingga akan mengganggu aktivitas jika gawai tersebut mati karena kehabisan baterai. 

Oleh sebab itu, pabrikan motor menyematkan elektrik power socket pada produknya, sehingga memudahkan pengguna motor yang ingin mengisi daya baterai telepon genggam meski di tengah perjalanan. Sebelumnya fitur tersebut hanya dimiliki mobil, namun saat ini tersedia di beberapa motor matik.

Biasanya posisi power outlet tersebut berada di dashboard yang bisa dibuka tutup untuk mengamankan gadget saat melakukan pengisian, atau dari kondisi cuaca. Namun meski sudah tertutup, fitur itu bisa saja rusak tanpa diketahui pemiliknya.

Charger USB di motor.

Maka diperlukan perawatan yang tepat agar lubang yang dapat mengalirkan daya listrik itu bisa terus digunakan. Berdasarkan keterangan resmi Yamaha, dikutip Oto Mobile Otomotif Rabu 2 Februari 2022, ada 5 cara merawat fitur tersebut.

1. Pastikan Electric Power Socket selalu dalam kondisi bersih mencegah debu masuk kedalam yang menyebabkan penyumbatan arus listrik.

  • Share