Tas Hermes Hingga Mantel Bulu Miliaran

  • Share

OtoMobile.id – Hilangnya berlian biru milik Pangeran Faisal belakangan diduga memicu kerenggangan hubungan antara kerjaan Arab Saudi dengan Thailand.

Namun, belakangan, hubungan kedua negara mulai membaik usai kasus pencurian berlian biru 50 karat yang tak ternilai harganya termasuk di antara permata dan perhiasan senilai $20 juta yang dicuri oleh petugas kebersihan Thailand dari istana pangeran Saudi pada tahun 1989.

Selain pencurian fenomenal tersebut, kerajaan Arab Saudi ternyata pernah kecolongan sejumlah barang berharga dengan nilai luar biasa.

1. Uang Tunai Rp5,4 miliar

Baca Juga:
Sensasi Makan Ditemani Mayat Hidup di Arab Saudi

Saudara dari penerus kerajaan Saudi yang juga salah satu pangeran, Abdul Aziz dikabarkan pernah kehilangan uang hingga US$375 ribu atau sekitar Rp5,4 miliar saat mengunjungi Paris dalam agenda pembangunan istana Alhambra Spanyol di dekat Riyadh.

Meski dengan pengawalan 50 orang terlatih, hal itu tidak membuatnya terbebas dari aksi kriminal. Mengutip laporan AP News, sang pangeran menghabiskan 45 hari di Paris dan menginap di Four Seasons Hotel George V. 

Saat rombongan tengah menuju bandara Le Bourget, mereka dihentikan oleh sekelompok orang bersenjata. Komplotan ini lantas membajak kendaraan yang ditumpangi sopir Saudi, penjaga, dan petugas, sementara pangeran Abdul Aziz berada di kendaraan yang berbeda.

Dengan waktu singkat, komplotan itu menggondol uang tunai sekitar US$375 ribu atau Rp5,4 miliar dari bagasi. Rombongan yang ada dalam mobil tersebut kemudian segera dievakuasi.

Beberapa saat kemudian, pasukan keamanan menemukan mobil perampok itu ditemukan di hutan bersama dengan dua lembar uang 500 euro, obat, dan beberapa dokumen dalam bahasa Arab.

Baca Juga:
Diampuni Raja Thailand, 28 Nelayan Asal Aceh Timur Tiba Indonesia

2. Tas Hermes dan Perhiasan

  • Share