Akui mengalami OCD, ini kisah perjuangan 6 seleb yang bikin salut

  • Share

OtoMobile.id – Gangguan mental atau kejiwaan merupakan masalah yang dialami sebagian masyarakat. Gangguan mental ini memiliki banyak macamnya, seperti kecemasan, gangguan suasana hati, ataupun gangguan makan. Dari masalah ini tentu mempengaruhi bagaimana penderita berpikir dan berperilaku.

Seperti halnya gangguan mental obsessive compulsive disorder (OCD). Di mana merupakan kelainan mental yang membuat penderitanya memiliki pikiran dan perilaku yang tidak terkendali (obsesi), untuk melakukan sesuatu secara berulang-ulang (kompulsif). Tindakan itu juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan interaksi sosial penderitanya.

Rupanya tak sedikit selebriti Tanah Air yang mengaku mengalami OCD. Termasuk salah satunya Aliando. Lama menghilang, baru-baru ini ia muncul dan mengungkapkan kisahnya yang mengalami gangguan mental OCD.

Nah seperti apa kisah mereka? Berikut ulasannya seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (29/1).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Aliando Syarief.


Akui mengalami OCD © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@aliandooo

Lewat live di Instagramnya, Aliando mengaku mengidap gangguan OCD. Dia mengaku, kini tengah menjalani serangkaian terapi untuk memperbaiki kondisi mentalnya. “Gue kena musibah, didiagnosis kena OCD yang ekstrem,” kata Aliando dalam video Live Instagram, Kamis (27/1).

Aliando menjelaskan, dirinya terkena OCD ekstrem ini pada 2019 akhir. Namun saat masih kecil, ternyata ia pernah kena OCD. Ia melakukan terapi, salah satu metodenya yakni dengan bermain musik.

2. Prilly Latuconsina.

Akui mengalami OCD © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@prillylatuconsina96

Dalam sebuah wawancara, Prilly Latuconsina mengaku, mengidap OCD. Namun, dirinya tak pernah ke dokter.

“Aku tuh nggak pernah technically ke dokter terus dikasih tahu kalau aku OCD. Aku cuma merasa kalau aku OCD,” ujar Prilly Latuconsina dikutip dari YouTube Cumicumi, Sabtu (29/1).

Menurutnya bentuk OCD yang dialaminya yakni ada perasaan tak tenang melihat tata letak yang tak sesuai. Ia juga tak terbiasa melihat barang-barangnya berantakan. Sejauh ini, Prilly tak merasa terganggu dengan perilakunya itu.

3. Hilda Vitria.

Akui mengalami OCD © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@hvkhildavitriakhan

Hilda sempat mengungkap penyakitnya itu di unggahan media sosialnya. Di unggahannya itu ia juga menyisipkan penjelasan apa itu OCD.

“Pejuang OCD Semangat. Tiap pagi yang dicek ubin sama debu hu. Nih buat yang suka tanya-tanya OCD itu apa,” tulis Hilda Vitria.

Ia mengaku, sejak usianya 10 tahun sangat hobi dengan bersih-bersih. Bahkan, Hilda bisa stress saat melihat debu dan barang-barang yang terlihat miring.

4. Rina Nose.

Akui mengalami OCD © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@rinanose16

Bentuk OCD yang kerap dilakukan Rina Nose adalah soal kerapian dalam segala hal, termasuk menata barang-barang di rumahnya. Rina menduga OCD ini karena faktor genetik dari orang tuanya.

Istri Josscy Vallazza Aertsen ini bahkan selalu cemas jika melihat sesuatu yang tidak bersih dan rapi di sekitarnya. Termasuk salah satunya ketika dirinya ke toilet umum. Ia mengaku akan membersihkan dudukan toilet dengan alkohol berkali-kali.

“Sebenarnya ada salah satu gangguan obsessive compulsive disorder (OCD), jadi gangguan kecemasan,” kata Rina. Akibat gangguan OCD, Rina Nose sampai melakukan konsultasi ke psikolog.

5. Ari Lasso.

Akui mengalami OCD © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@ari_lasso

Penyanyi Ari Lasso juga sempat didiagnosis mengalami OCD Perfectionist. Dia mengalami gangguan kecemasan, sehingga membuatnya jadi susah tertidur.

“Gue ke dokter akhirnya. Ternyata yang menjadi masalah itu bukan tidur gue, tau nggak gue dikasih obat apa, obat anxiety (kecemasan). Gue tuh dibaca sebagai OCD Perfeksionis,” ungkap Ari.

Ia mengaku, sebelum menempuh jalur medis, dirinya sampai meminum alkohol agar dapat membuatnya mengantuk. Bahkan, hal ini sampai membuatnya disebut alkoholik oleh anaknya.

6. Zaskia Adya Mecca.

Akui mengalami OCD © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

Zaskia Adya Mecca mengaku mengidap OCD tak bisa melihat kondisi berantakan. Ia merasa tak tahan jika segala sesuatu yang ada di rumahnya terlihat kotor dan berantakan.

“Gue OCD, jadi kalau lagi ngumpul makan sama anak-anak, makan belum kelar, mejanya sudah rapi,” ucap istri Hanung Bramantyo itu seperti dikutip dari video The Sungkars Family.

Ketika makan di luar rumah pun, ia kerap berinisiatif untuk membersihkan meja makannya agar terlihat bersih dan rapi.

(brl/pep)

  • Share