Sony Cari Partner untuk Masuki Segmen EV

  • Share

Awal bulan ini, selama gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2022 di Las Vegas, Sony mengumumkan langkah masa depan perusahaan.

Mereka meluncurkan divisi Sony Mobility, yang akan menjajaki potensi masuknya brand asal Jepang itu ke dalam bisnis kendaraan listrik.

Sang raksasa teknologi telah mengisyaratkan niat mereka lewat SUV Vision-S 02 Concept, dan dilaporkan mulai mencari mitra baru untuk membantu membangun operasi EV perusahaan.

Sebuah laporan baru dari Automotive News menyoroti ambisi Sony untuk memasuki segmen EV yang sedang berkembang.

Saat ini, masih terlalu dini untuk mendapatkan rincian spesifik mengenai produk dan tanggal peluncurannya.

Namun, manajer yang akan memimpin divisi Sony Mobility mengatakan kepada Automotive News, perusahaan memahami bahwa mereka harus bertindak cepat jika ingin menciptakan bisnis kendaraan listrik yang sukses.

“Kami melihat bahwa risiko mengabaikan EV lebih besar daripada tantangan yang mereka timbulkan,” kata Izumi Kawanishi kepada Automotive News.

“Kami memahami bahwa kecepatan itu penting dalam hal membuat keputusan,” tambahnya.

Namun, Kawanishi tidak dapat memastikan apakah keputusan akhir mengenai masa depan bisnis EV Sony akan diambil sebelum akhir tahun ini. 

Pada CES 2022, perusahaan yang menciptakan konsol game PlayStation ini menampilkan konsep SUV serba listrik dengan kapasitas hingga tujuh penumpang.

Dua motor listrik bertenaga 268 daya kuda (200 kilowatt) – satu untuk setiap gandar – memberikan kemampuan penggerak semua roda.

Tidak ada data tersedia soal akselerasi maupun jarak antara dua pengisian daya yang dirilis selama debut kendaraan itu di Las Vegas.

Untuk prototipe ini, Sony bekerja sama dengan sejumlah perusahaan internasional, sebut saja Magna Steyr, Robert Bosch, Valeo, dan AImotive.

Kawanishi mengonfirmasi bahwa mitra baru nanti akan dipilih berdasarkan keahlian EV mereka, tanpa memandang kebangsaan.

Selain Sony, perusahaan teknologi lain yang sedang menggarap potensi masuk ke bisnis EV saat ini adalah Apple, Foxconn, Alibaba Group, dan banyak lagi.

  • Share