Puluhan Santri di Tasikmalaya Positif Demam Berdarah

  • Share

OtoMobile.id – Puluhan santri salah satu pesantren di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat positif demam berdarah dengue. Saat ini para santri menjalani perawatan medis di rumah masing-masing.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra menyebut bahwa terdapat 33 santri yang positif DBD.

“Saat ini sudah dikembalikan kepada keluarga masing-masing. Kondisi terakhirnya semuanya sudah membaik,” kata Asep Hendra kepada wartawan, Sabtu (29/1).

Asep mengungkapkan bahwa meski puluhan santri terkena DBD, aktivitas di pesantren berjalan seperti biasa. Para santri dan guru yang dinyatakan sehat terus melakukan kegiatan belajar dan mengajar secara normal.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sambongpari, Kecamatan Mangkubumi, Ika Sulistiawati menjelaskan bahwa sudah melakukan penyelidikan epidemiologi di pesantren tersebut setelah puluhan santri terkena DBD.

“Hasilnya memang di pesantren itu terdapat beberapa toilet yang tidak digunakan. Di tempat itu ditemukan banyak jentik nyamuk di sana,” jelasnya.

Atas temuan tersebut, Ika mengaku telah mengedukasi pengurus pesantren untuk senantiasa melakukan pemberantasan sarang nyamuk, apalagi saat ini masih musim hujan.

[cob]

  • Share