Berkaca dari Kasus Omicron di Afrika, Pemerintah Diminta Percepat Vaksinasi Booster

  • Share

OtoMobile.id – Angka kasus Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan peningkatan secara signifikan. Anggota Komisi I DPR dari Fraksi NasDem, Muhammad Farhan menilai percepatan vaksinasi booster merupakan cara jitu melawan Covid-19 varian Omicron.

Farhan menerangkan keampuhan booster saat ini harus direalisasikan bagi segala kategori masyarakat mulai dari anak-anak, dewasa hingga kelompok lanjut usia (lansia). Farhan pun meminta agar pemerintah mempercepat dan melakukan pemerataan terhadap booster ini.

“Hasil penelitian membuktikan bahwa adanya vaksinasi booster dapat meningkatkan imunitas berbagai varian, termasuk varian omicron. Oleh karena itu, proses booster harus dipercepat dan menyentuh semua kelompok masyarakat, terutama di daerah atau wilayah yang potensi penularan varian omicron tergolong tinggi,” kata Farhan dalam keterangannya, Sabtu (29/1).

Farhan mengingatkan agar vaksinasi booster harus berlangsung secara adil merata ke semua wilayah, karena negara atau wilayah yang tak terproteksi akan melahirkan virus ganas yang bisa menyebar ke seluruh penjuru dunia.

“Kita jangan lupa bahwa varian omicron muncul dari negara-negara di kawasan Afrika, yang cakupan vaksinasinya rendah dan saat ini varian itu telah menyebar hampir ke seluruh dunia,” tutur Farhan.

Menurutnya, dibutuhkan kesiapan dari berbagai pihak untuk melakukan percepatan booster ini. Meski demikian ada sejumlah tantangan dari percepatan booster ini.

Farhan menuturkan pelaksanaan percepatan booster ini bersamaan dengan fokus pemerintah untuk melakukan vaksinasi untuk anak berusia 6-11 tahun. Meski demikian dia optimistis pemerintah mampu mengatasi masalah itu.

“Tinggal kita tunggu kesigapan Kemenkes, Kadinkes Provinsi sampai ke kota dan kabupaten,” pungkasnya.

[cob]

  • Share