11 Cara menghilangkan milia di wajah secara alami, mudah diaplika

  • Share

OtoMobile.id – Ada banyak cara menghilangkan milia di wajah. Milia sendiri merupakan masalah kulit wajah yang muncul benjolan putih kecil di permukaan kulit. Biasanya milia berkembang dalam jumlah yang besar di beberapa area wajah, seperti hidung pipi, dagu, dan are mata.

Dilansir dari netmeds.com, milia disebabkan oleh kulit yang tidak memiliki kemampuan untuk eksfoliasi atau melakukan pengelupasan, sehingga sel-sel kulit mati terperangkap di permukaan kulit. Semakin banyak sel-sel kulit mati yang terperangkap di kulit, akan mengalami keratinisasi dan akhirnya menjadi bentol-bentol halus penyumbat pori-pori atau yang disebut milia.

Milia biasanya juga terjadi karena beberapa jenis kerusakan kulit termasuk luka melepuh, luka bakar, genodermatosis (kondisi kulit genetik yang diturunkan), kerusakan akibat sinar matahari, penuaan kulit, produk perawatan kulit yang menyumbat pori-pori, dan penggunaan krim dengan kandungan steroid dalam jangka panjang.

Milia paling sering terjadi pada bayi baru lahir. Faktanya, menurut penelitian tahun 2008, sebanyak 40 hingga 50 persen bayi yang baru lahir memiliki milia di kulit mereka dalam waktu satu bulan setelah lahir. Namun, milia juga bisa menyerang anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

Bagi anak bayi yang memiliki milia, biasanya akan hilang sendirinya, namun bila orang dewasa yang mengalami milia akan sulit hilang dengan sendirinya. Sebab, lapisan tipis kulit tumbuh di atas komedo putih yang menyumbat di antara lapisan atas kulit.

Meskipun milia tidak menyebabkan gatal atau peradangan pada kulit, tetapi masalah kulit itu sangat merusak kecantikan seseorang yang mengalaminya. Oleh sebab itu, cara menghilangkan milia di wajah untuk orang dewasa harus dilakukan dengan cara yang tepat. Misalnya konsultasi ke dokter kulit atau kamu juga bisa menggunakan bahan rumahan alami untuk menghilangkan milia.

Lantas Apa saja bahan alami dan bagaimana cara menghilangkan milia di wajah? Yuk simak ulasannya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (29/1).

Cara menghilangkan milia di wajah ©

foto: Freepik/jcomp

Seperti yang kamu tahu, air mawar salah satu obat rumahan yang selalu digunakan untuk mempercantik penampilan. Air mawar memiliki sifat anti inflamasi yang bagus untuk kulit.

Caranya sangat mudah, masukkan air mawar dalam botol spray, kemudian semprotkan ke wajah dua sampai tiga kali dalam sehari. Selain menghilangkan milia, air mawar juga dapat membuat wajah kamu lebih cerah.

2. Madu manuka.

Cara menghilangkan milia di wajah ©

foto: Freepik/racool_studio

Kamu juga bisa menggunakan madu manuka untuk menghilangkan milia. Kenapa spesifik harus madu manuka? Sebab, madu manuka berbeda dengan madu lainnya, terutama dari warna madunya yang lebih gelap. Madu jenis ini juga memiliki sifat antibakteri, antimikroba, dan antiinflamasi yang dapat membantu menghilangkan milia di wajah secara alami.

Cara terbaik menggunakan madu manuka adalah dengan mengoleskan satu sendok madu pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air biasa. Lakukan perawatan ini saat pagi atau malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Scrub lemon dan gula.

Cara menghilangkan milia di wajah ©

foto: Freepik/dashu83

Kedua bahan ini bertindak sebagai eksfoliator alami untuk kulit. Perawatan ini dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Cara menggunakannya, kamu bisa menggunakan sebagai scrub, sehingga menjadikannya sebagai obat alami untuk milia di rumah.

Cara menggunakannya, siapkan satu sendok gula dan dua sendok perasan jeruk lemon. Campur kedua bahan tersebut kemudian aplikasikan ke wajah secara lembut agar kulit tidak iritasi. Ulangi proses ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Minyak kelapa.

Cara menghilangkan milia di wajah ©

foto: Freepik/jcomp

Minyak kelapa atau virgin oil coconut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Salah satunya untuk mengatasi masalah milia di wajah. Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi bekas luka.

Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ke area wajah secara merata saat akan tidur malam. Lakukan perawatan ini setiap malam. Minyak kelapa bekerja dengan melembutkan milia, sehingga bisa dengan mudah dihilangkan.

5. Makanan dengan kandungan vitamin A.

Cara menghilangkan milia di wajah ©

foto: Freepik/topntp26

Makanan vitamin A dikenal sangat bermanfaat bagi kulit. Makanan vitamin A termasuk almond, wortel, alpukat, dll. Manusia normal harus mengkonsumsi 600-800 mcg vitamin A setiap hari. Oleh karena itu, diet seimbang juga merupakan sesuatu yang dapat berpengaruh pada kulit.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan skincare dengan kandungan vitamin A yang tinggi, sebab vitamin A terbukti efektif menghilangkan milia dari kulit kamu. Vitamin ini membantu dalam menghilangkan sel-sel kulit mati dan menjaga kesehatan kulit yang baik.

6. Kentang.

Cara menghilangkan milia di wajah ©

foto: Freepik/racool_studio

Obat rumah lainnya sebagai cara menghilangkan milia di wajah adalah dengan kentang. Kentang bertindak sebagai komponen pembersih untuk kulit dan juga membantu dalam mengobati milia. Kentang mengandung pati dalam jumlah tinggi yang dapat mencegah dan mengobati benjolan putih di wajah.

Cara menggunakan, siapkan satu kentang kemudian parut kentang dan peras untuk mengambil sarinya. Simpan sari kentang di lemari es agar tahan lama dan dapat digunakan setelah beberapa waktu.

Kamu cukup celupkan kapas ke dalam jus kentang ini dan oleskan pada area yang memiliki milia di wajah. Setelah mengering bilas dengan air bersih. Lakukan ini dua kali sehari dan tunggu hasil yang efektif.

7. Bubuk cendana.

Cara menghilangkan milia di wajah ©

foto: Freepik/brgfx

Kamu juga bisa menggunakan bubuk cendana untuk mengobati milia. Campur bubuk cendana dan air untuk membuat masker. Kamu bisa menggunakan air mawar hasil yang lebih efektif.

Caranya oleskan pada area wajah yang terdapat milia, kemudian pijat dengan lembut selama beberapa saat dengan gerakan melingkar. Kemudian, biarkan mengering selama beberapa menit. Cuci muka dengan air hangat dan lakukan ini minimal dua kali sehari.

8. Lidah buaya.

Cara menghilangkan milia di wajah ©

foto: Freepik/racool_studio

Aloe Vera memiliki berbagai manfaat, mulai dari menyembuhkan kulit terbakar hingga mengobati jerawat. Gel lidah buaya juga dapat digunakan untuk melindungi bibir pecah-pecah, siku kering, lutut bahkan untuk perawatan kulit dan rambut.

Kamu dapat menggunakan lidah buaya untuk mengatasi masalah milia di wajah. Kandungan antioksidan yang ada dalam lidah buaya memiliki sifat penyembuhan yang kuat. Selain itu, lidah buaya mengandung sifat antiinflamasi yang dapat membantu dalam mengobati milia dan menenangkan serta mendinginkan area tersebut.

Caranya, kamu bisa mengoleskan lidah buaya ke seluruh wajah secara merata. Kemudian diamkan hingga mengering dan bilas dengan air biasa. Perawatan ini bisa dilakukan dua sampai tiga kali seminggu.

9. Uap wajah.

Cara menghilangkan milia di wajah ©

foto: Freepik/valeria_aksakova

Cara menghilangkan milia di wajah selanjutnya adalah dengan melakukan uap wajah. Cara ini dapat membantu membuka pori-pori sehingga wajah sehingga kotoran yang tersumbat bisa keluar. Selain itu, metode uap wajah ini juga dapat meremajakan dan menenangkan kulit.

Caranya, rebus air secukupnya hingga mendidih, simpan dalam wadah. Tutup kepala dan wadah uap tersebut agar uap bisa terkena kulit dengan sempurna. Lakukan selama 10 menit, kemudian akhiri dengan penggunaan scrub alami untuk membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah.

10. Minyak nabati.

Cara menghilangkan milia di wajah ©

foto: Freepik/azerbaijan_stockers

Minyak nabati memiliki sifat antiinflamasi yang bermanfaat untuk kulit. Menerapkan minyak nabati adalah cara terbaik untuk menghilangkan milia secara alami.

Sebelum mengoleskan minyak ini, kamu cukup bersihkan wajah dengan air lalu keringkan. Kemudian, pijat daerah yang terkena milia dengan beberapa tetes minyak nabati dan biarkan selama minimal setengah jam. Terakhir, cuci bersih setelahnya dan keringkan dengan handuk. Ulangi proses ini setiap hari dan singkirkan milia dengan cepat dan efektif.

11. Cuka apel.

Cara menghilangkan milia di wajah ©

foto: Freepik/racool_studio

Sama seperti jus lemon, cuka sari apel juga bertindak sebagai zat alami yang bermanfaat untuk mengatasi masalah milia. Caranya, siapkan satu sendok cuka apel dengan satu sendok makan air. Kemudian oleskan campuran tersebut ke kulit yang terdapat menggunakan kapas.

Tunggu selama 30 menit kemudian bilas dengan air biasa. Cuka apel juga dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengangkat kotoran di wajah penyebab milia.

Related News

  • Share