Sama-sama Dibekali TSS, Intip Spesifikasi Raize vs Veloz

  • Share

Raize vs Veloz sama-sama sudah dilengkapi dengan fitur TSS. Untuk lebih mudah dalam memilih, yuk simak spesifikasi lengkap Raize vs Veloz berikut ini.

Pilihan mobil yang disajikan Toyota makin beragam. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Nah kalau Anda punya budget Rp 200 juta ke atas ada dua pilihan yang bisa dilirik nih yakni antara Raize vs Veloz. Secara segmentasi keduanya jelas berbeda. Bila Raize mengisi segmen SUV kompak, maka Toyota Veloz tetap meramaikan pasar Low MPV. Perbedaan selanjutnya adalah sasaran konsumen Raize vs Veloz. Raize lebih menyasar anak muda yang lebih mapan sementara Veloz untuk keluarga muda yang mau naik kelas.

Pun demikian dengan kapasitas tempat duduk yang disajikan Raize vs Veloz. Toyota Raize hanya mampu memuat maksimal lima orang, sedangkan Veloz bisa menampung lebih banyak penumpang berkat konfigurasi tempat duduk 7-seater. Nah supaya tak bingung dalam memilih, berikut ini komparasi Raize vs Veloz baik dari sisi spesifikasi mesin, desain eksterior, interior, dan tak ketinggalan harganya.

>>> Kepincut Mau Beli? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangan All New Veloz

Spesifikasi Toyota Raize

Toyota Raize
Raize sasar segmen anak muda

Toyota Raize mempunyai dimensi kompak dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Meski begitu, Raize tetap terlihat proporsional berkat wheelbase mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm. Ada dua pilihan mesin yang ditawarkan Raize yakni 1.0 Turbo dan 1.2L.

Kesan sebuah SUV yang gagah, sporty, dan atraktif tampak dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan. Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semua menggunakan LED, dan velg besar 17 inch pada tipe 1.0T. Toyota Raize hadir dalam 6 varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T.

Interior Toyota Raize

Meski hanya muat menampung lima orang, interiornya cukup lapang dan juga dilengkapi fitur dengan teknologi terdepan seperti terpasang MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

Toyota Raize
Interior Toyota Raize

Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design dan terkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Fitur Toyota Raize

Toyota Raize dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap seperti 6 Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. Semua fitur keselamatan ini terdapat pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS. TSS adalah Toyota Safety Sense yang merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model di segmen high—premium segmen. Yang jelas fitur terlengkap hanya bisa didapatkan pada Raize tipe tertinggi.

Toyota Raize
Untuk tipe tertinggi sudah dibekali fitur TSS

Selain itu, seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Harga Toyota Raize

Harga Toyota Raize termurah dibanderol mulai Rp 225,95 juta pada tipe 1.2 G M/T. Sedangkan Raize termahal ada pada tipe 1.0T GR Sport CVT TSS seharga Rp 294,85 juta. Lebih lengkapnya berikut ini.

  • Raize 1.2 G M/T: Rp 225,95 juta
  • Raize 1.2 G CVT: Rp 240,75 juta
  • Raize 1.0 G M/T: Rp 245,25 juta
  • Raize 1.0 G CVT: Rp 260,15 juta
  • Raize 1.0T GR Sport: Rp 273,35 juta
  • Raize 1.0T GR Sport CVT TSS: Rp 294,85 juta

Kalau Raize sudah kini giliran Veloz. Sekadar mengingatkan, Veloz kini bukan lagi bagian dari Avanza. Maka dari itu, baik dari sisi wajah, desain interior, dimensi, hingga fitur di dalamnya berbeda dari Avanza. Berikut ini spesifikasi dari Veloz.

Spesifikasi Toyota Veloz 2022

Secara desain, Veloz tampil lebih kokoh nan tangguh berkat kehadiran New Distinctive Front Look, serta New Formidable Design Front Grille dengan lekukan kokoh yang menjadi lokasi New Advanced LED Headlamp with Sequential Turnlamp, serta dengan New Fog Lamp yang semakin menyempurnakan kehadiran Veloz di jalanan.

Toyota Veloz
Veloz tampil kian kokoh nan gagah

Sebagai MPV premium yang tanggung, dari samping Veloz memancarkan garis yang begitu kuat melalui Remarkable Chrome Window Belt, Fender Line & Roof Rail.

Pada sisi belakang eksterior Veloz, terdapat Progressive Rear Combination Lamp with Full Backdoor Lamp untuk membuat tampilan lebih modern dan lebar yang dipertegas dengan Sturdy Rear Bumper yang dibentuk sedemikian rupa untuk menonjolkan kesan agresif dan tangguh dari sebuah crossover.

Veloz mengusung mesin 1.500 cc 2NR-VE yang menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm.

Interior Toyota Veloz 2022

Nah kalau mau cari muatan yang lebih banyak tentu Veloz pilihannya. Bahkan Spacious Cabin with Long Sofa Mode. Kabin ekstra luas ini berhasil dihadirkan berkat panjang mobil yang terbentang 4.475 mm dari sisi depan hingga belakang, dengan lebar 1.750 mm dan jarak sumbu roda 2.750 mm.

Untuk memanfaatkan ruang ekstra ini secara maksimal, kursi Veloz dirancang untuk memiliki konfigurasi yang fleksibel sesuai kebutuhan pelanggan, bahkan dapat disesuaikan menjadi seperti sofa di rumah untuk memberikan perjalanan yang menyenangkan bersama keluarga. Kursi Veloz juga hadir dengan New Fabric & Leather Combination Seat yang tidak hanya memberikan kenyamanan tambahan bagi seluruh penumpang, tetapi juga memperkuat suasana stylish dan elegan di dalam kabin.

Toyota Veloz
Interior Veloz jadi lebih premium

Dalam upaya memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan, banyak fitur baru yang dihadirkan. Termasuk New Leather Tilt dan Telescopic Steering with Audio & MID Switch untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan ringan pada lingkar kemudi yang dibalut kulit mewah, serta dilengkapi Drive Mode Switch (Q CVT). Selain itu, New Advanced 7 Inch Digital TFT MID juga memastikan semua informasi penting mengenai status kendaraan dapat disajikan dengan visual yang disempurnakan untuk dinikmati oleh pengemudi. Penerapan New High Positioned Console juga didesain untuk menambah kenyamanan bagi pengemudi.

New Comfortable Full Dashboard Interior merupakan penegasan dari transformasi total Toyota Veloz 2022. Desain dashboard yang premium dan stylish diperkuat dengan pemasangan teknologi high-end yang mengelilingi kabin. New Integrated 9 Inch Head Unit disematkan di All New Veloz. Advanced Smartphone Connectivity pada head unit dan New Rear-Seat Entertainment juga tersedia (Q CVT & Q CVT TSS).

>>> Ini Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Raize, Wajib Pantau Sebelum Membeli

Fitur Toyota Veloz 2022

Toyota Veloz 2022 telah menggunakan rem cakram berventilasi 15 inci di depan dan rem cakram yang solid di belakang, yang diperkuat dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Braking Assist (BA). Terdapat 6 Airbags (Pengemudi/ Penumpang/ Samping/ Tirai) untuk Veloz Q CVT TSS.

Toyota Veloz
Veloz bukan lagi bagian dari Avanza, fiturnya juga lebih lengkap

Vehicle Stability Control yang menjaga kendaraan selama manuver cepat di tikungan dan Hill Start Assist yang memastikan start yang mulus di jalan menanjak juga tersedia. All New Veloz juga dilengkapi dengan New All Round View Camera (Q CVT & Q CVT TSS) untuk lebih membantu manuver pengguna dengan memantau secara jelas situasi di sekitar All New Veloz. Selanjutnya, terdapat fitur Rear Crossing Traffic Alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur dan fitur Blind Spot Monitoring yang memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot All New Veloz.

Harga Toyota Veloz 2022

Harga Toyota Veloz 2022 paling murah dijual mulai Rp 278,7 juta sampai yang tertinggi Rp 323,5 juta.

  • Toyota Veloz 2022 M/T: Rp 278,7 juta
  • Toyota Veloz Q CVT: Rp 301,6 juta
  • Toyota Veloz Q CVT TSS: Rp 323,5 juta

Kesimpulan Raize vs Veloz

Itu tadi perbandingan Raize vs Veloz. Secara harga, untuk beberapa varian Raize vs Veloz ada yang berbeda tipis misalnya pada varian di kisaran harga Rp 270 jutaan. Namun demikian itu semua kembali kepada kebutuhan Anda. Kalau mau yang kabinnya lapang dan untuk mengangkut anggota keluarga lebih banyak maka pilihannya ada pada Veloz. Namun kalau mau yang tampilannya sporty dan lebih terkesan anak muda maka Raize pilihan tepatnya.

>>> Review Toyota All New Veloz 2022: Buat Pecinta Avanza yang Lebih Mapan

  • Share