Simak Kelebihan dan Kekurangan Hyundai STARIA Sebelum Meminangnya

  • Share

Kali ini Cintamobil.com akan menjabarkan kelebihan dan kekurangan Hyundai STARIA untuk Anda yang tertarik untuk membeli Big MPV Premium Asal Korea Selatan ini.

Tahun lalu PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan Big MPV premium terbaru mereka, Hyundai STARIA. Berbekal kelebihan dan kekurangan Hyundai STARIA yang tak kalah menawan, Mobil dengan desain futuristik ini menjadi alternatif yang menarik dan berbeda dari Toyota Alphard sebagai mobil harian dengan akomodasi yang luas.

STARIA hadir di Tanah Air dalam dua tipe, Signature 7 (7-penumpang) dan Signature 9 (9-penumpang) dengan satu pilihan mesin dan transmisi, yaitu turbo-diesel CRDi 2,2 L dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

Dengan harga mulai dari Rp 888 juta, mungkin sebagian dari Anda tertarik untuk membeli STARIA. Kebetulan Cintamobil,com sudah pernah mencoba mobil ini secara langsung. Untuk itu, kami akan membagikan mengenai kelebihan dan kekurangan Hyundai STARIA sebagai bahan pertimbangan untuk Anda.

Kelebihan Hyundai STARIA

1. Mesin Diesel yang Irit dan Bertenaga

STARIA dibekali dengan mesin diesel 4-silinder CRDi (Common Rail Direct Injection) R II berkode D4HB dengan kapasitas 2.2 L (2.199 cc). Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 175 HP di 3.800 rpm, dan torsi 431 Nm di rentang 1.500 – 2.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis 8-percepatan.

Gambar Mesin STARIA
Mesin R II besutan Hyundai dikenal memiliki torsi badak dan irit

Mesin diesel ini seharusnya sudah cukup familiar bagi konsumen Indonesia mengingat Hyundai SANTA FE dan PALISADE menggunakan dapur pacu yang serupa. Meski memiliki kapasitas yang terbilang kompak, mesin ini dikenal sangat bertenaga dan responsif dengan efisiensi bahan bakar yang impresif.

Bicara efisiensi bahan bakar, STARIA dapat membukukan konsumsi di kisaran 14 – 15 kilometer per liter di rute kombinasi. Sementara pesaing utamanya, Toyota Alphard, hanya mampu membukukan konsumsi bahan bakar di angka 10 kilometer per liter di rute yang sama.

2. Kabin yang Lega dengan Fungsionalitas Tinggi

Seperti yang kami sebutkan di atas, Hyundai STARIA ditawarkan dalam tipe Signature 7 untuk akomodasi 7-penumpang dan Signature 9 sebagai Hyundai STARIA 9-seater. Di antara keduanya, kami yakin Anda bisa menemukan akomodasi yang sesuai untuk keluarga besar Anda.

Gambar Kabin STARIA Signature 9

Interior Hyundai STARIA Signature 9 dengan fitur Swivel Seat

Kesan pertama saat kami masuk ke dalam kabin STARIA adalah betapa leganya ruang yang tersedia di dalam mobil. Mustahil rasanya jika Anda sampai merasa sempit meski mobil terisi penuh dengan penumpang dan barang, mungkin Anda bisa main bulu tangkis di dalam kabin mobil ini.

Tak sekadar luas, kabin STARIA menawarkan fungsionalitas yang tinggi untuk mobilitas sehari-hari. Sebagai contoh, tipe Signature 9 ditawarkan dengan fitur Swivel Seat yang memungkinkan kursi baris kedua untuk diputar 180 derajat. Dengan fitur ini, Anda bisa berinteraksi dengan penumpang di baris ketiga untuk meeting atau sekadar berbincang ringan.

Masih bicara soal fungsionalitas, STARIA dibekali banyak cup holder dan port pengisian daya USB untuk mendukung produktivitas penumpang di dalam mobil. Artinya, mobil ini bisa digunakan sebagai ‘kantor’ berjalan.

>>> Sebelum Beli, Ini Dia Kelebihan Dan Kekurangan Hyundai Santa Fe Diesel

Gambar Premium Relaxation Seat

Fitur Premium Relaxation Seat akan membantu Anda untuk beristirahat di dalam mobil

Untuk tipe Signature 7, Anda memang tak dapat menikmati fitur Swivel Seat seperti versi 9-penumpang. Tetapi, Anda bisa menikmati fitur Premium Relaxation Seat yang memungkinkan Anda untuk beristirahat dengan tenang. Apalagi didukung dengan kerai yang menambah privasi di dalam kabin sekaligus menghalau sinar matahari.

3. Dibekali Fitur-fitur Canggih yang Menarik

Hyundai STARIA Signature 7 dibekali dengan deretan fitur keselamatan yang membuat Anda tenang selama berkendara. Diantaranya:

  • 7 Airbags
  • Tire Pressure Monitoring System (TPMS)
  • Anti-Lock Brake System (ABS)
  • Electronic Stability Control (ESC)
  • Hill Assist Control (HAC)
  • Lane Keep Assist System (LKA)
  • Lane Following Assist (LFA)
  • Blind-Spot Collision Warning (BCW)
  • Blind Spot View Monitor (BSM)
  • Safe Exit Assist (SEA)
  • Rear Seat Occupant Alert (ROA)
  • Forward Collision Avoidance Assist (FCA)
  • Driver Attention Warning (DAW)

Gambar Fitur Keselamatan STARIA

Salah satu fitur keselamatan Hyundai STARIA

Sedangkan Staria Signature 9 punya semua fitur di atas, kecuali 4 yang tidak dimiliki, yaitu:

  • Lane Keep Assist System (LKA) yang membantu kendaraan tetap di jalurnya,
  • Lane Following Assist (LFA), mobil bisa jalan sendiri dengan tetap di jalurnya,
  • Forward Collision Avoidance Assist (FCA) yang memperingatkan pengemudi akan adanya potensi menabrak objek di depan, dan
  • Driver Attention Warning (DAW) yang memperingatkan pengemudi untuk beristirahat dari mengemudi

Untuk fitur infotainment, STARIA dibekali dengan head unit layar floating 8 inci dengan konektivitas Bluetooth, Android Auto, dan Apple Car Play. Pengemudi dapat mengakses fitur infotainment tersebut dengan tombol multifungsi pada bagian kiri setir.

Untuk kebutuhan entertainment, tipe Signature 7 seater dilengkapi Speaker BOSE® Premium sebanyak 12 Speakers. Sedangkan Staria Signature 9 seater menggunakan 6 speaker standar bawaan Hyundai.

>>> Setelah melihat kelebihan dan kekurangan Hyundai Staria, simak lagi review terbarunya di sini

Kekurangan Hyundai Staria

Meski memiliki kelebihan yang membuatnya sangat menarik, Hyundai STARIA juga tetap memiliki beberapa kekurangan yang mungkin bisa menjadi referensi bagi jenama asal Korea Selatan ini untuk berbenah di generasi selanjutnya.

1. Kekedapan Kabin Belum Sebaik Rivalnya

Satu hal yang menganggu bagi kami adalah kemampuan peredaman suara STARIA yang tidak begitu baik. Jika mobil ini memang ingin bersaing dengan Toyota Alphard yang menyajikan kenyamanan bak kabin first class, ada baiknya Hyundai melakukan peningkatan pada peredaman.

Gambar Mengendarai Hyundai STARIA

Saat mengendarai Hyundai STARIA, kami merasakan bahwa road noise-nya masih terlalu besar untuk sekelas mobil premium

Memang suara mesin dieselnya sangat halus, tetapi kami merasa road noisenya masih terlalu tinggi. Apalagi saat melewati permukaan jalan yang tidak terlalu halus atau saat melewati kendaraan lain yang lebih berisik seperti bus, truk, bahkan motor-motor dengan knalpot racing.

>>> Simak Pilihan Mobil Bekas Berkualitas dari Kami di Sini

2. Belum Ada Fitur Adaptive Cruise Control

Dengan dimensi besar dan akomodasi luas, besar kemungkinan bahwa STARIA akan digunakan untuk bepergian keluar kota bersama keluarga besar. Karena itu, adanya fitur Adaptive Cruise Control dan Low Speed Follow akan sangat mendukung kenyamanan pengemudi.

Gambar Hyundai STARIA
Kehadiran Adaptive Cruise Control dapat membuat nilai mobil ini lebih tinggi

Dengan adanya fitur Adaptive Cruise Control pengemudi bisa lebih relax saat berjalan di jalan tol karena mobil bisa menyesuaikan diri dengan kecepatan di tol. Selain bisa berkonsentrasi untuk mengolah kemudi, stamina pun lebih terjaga dengan fitur bantuan mengemudi seperti ini.

3. Material Masih Terasa Kurang Premium

Dengan harga Hyundai STARIA yang mencapai Rp 1 miliar, sudah seharusnya mobil ini dibekali dengan material-material yang premium. Memang jok kulit yang digunakan membuat kabin terlihat berkelas, sayangnya masih ada penggunaan material hard plastic pada dashboard dan panel pintu yang mengurangi nilai kemewahan pada mobil ini.

Memang tidak signifikan, tetapi detail kecil seperti inilah yang diperhatikan oleh para pembeli mobil dengan label premium. Apalagi jika Hyundai ingin bersaing dengan rival yang sudah lebih established seperti Toyota Alphard.

Dengan harga yang mencapai Rp 1 miliar, tentu saja segala kenyamanan yang ditawarkan pun menjadi perhitungan.Berbagai kelebihan dan kekurangan Hyundai STARIA di atas bisa menjadi preferensi bagi Anda yang menginginkan MPV premium dengan tampilan yang premium sebagai alternatif Toyota Alphard.

>>> Tertarik dengan Hyundai STARIA? Dapatkan informasi harga mobil Hyundai terbaru di sini

  • Share