Kapolri Klaim Pelanggaran Anggota Menurun Selama 2021

  • Share

OtoMobile.id – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut terjadi penurunan penyimpangan oleh anggota kepolisian selama tahun 2021. Penyimpangan itu berupa pelanggaran disiplin, kode etik profesi, dan pidana.

Dia memaparkan, rincian pelanggaran disiplin menurun 20,67 persen, pelanggaran kode etik profesi Polri menurun 37,29 persen dan pelanggaran pidana anggota Polri menurun 18,31 persen.

“Tentunya data ini menunjukkan bahwa Polri secara bertahap melakukan perbaikan, meskipun masih sering terjadi beberapa kejadian persepsi yang berkembang di media mainstream maupun media sosial terkait dengan pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Polri,” katanya saat rapat kerja dengan Komisi III DPR RI, Senin (24/1).

Listyo menjelaskan, Polri telah melakukan penelitian apa yang menjadi faktor penyimpangan anggota Polri. Penyebabnya, terdiri dari faktor individu dan faktor organisasi.

Makanya, untuk meminimalisir faktor penyimpangan tersebut, Listyo akan melakukan pengawasan sampai titik paling kecil.

“Atau polsek agar pelaksanaan tugas polri agar berjalan dengan baik,” jelasnya.

Polri juga berkomitmen menindak tegas oknum yang melakukan penyimpangan secara transparan. Listyo menilai, oknum tersebut menciderai institusi dan capaian positif anggota lain.

“Anggota yang bekerja dengan baik akan mendapatkan reward dengan indikator yang telah kami tentukan,” pungkasnya.

[fik]

  • Share