Merek Vespa Memiliki Nilai 906 Juta Euro

  • Share

Piaggio Group adalah produsen skuter dan sepeda motor terbesar di Eropa, serta salah satu pemimpin industri global.

Portofolionya mencakup beberapa merek paling terkenal di dunia, termasuk Aprilia, Moto Guzzi dan, tentu saja, Vespa, skuter paling terkenal di dunia.

Saat ini, perusahaan telah merilis hasil dari analisis baru yang menggali secara spesifik nilai merek Vespa yang kuat, mengidentifikasi merek sebagai aset utama dalam keseluruhan portofolio perusahaan.

Menurut analisis tersebut, merek Vespa bernilai 906 juta Euro, atau setara Rp14,7 triliun.

Angka tersebut berdasarkan laporan Interbrand, sebuah konsultan merek utama, yang menunjuk pada “merek yang unik dan diakui secara global, berkat kombinasi sempurna antara desain, gaya hidup, dan warisan Italia”.

Interbrand menggunakan prosedur penilaian merek yang unik dan terbukti untuk menentukan nilai keuangan merek Vespa, yang mencakup serangkaian sumber daya, data pasar, dan studi kuantitatif yang dilakukan di sepuluh pasar utama.

Vespa Primavera 150 Pic Nic - Green Relax - Left Side

Kekhasan dalam industri, yang disebabkan oleh orisinalitas dan pengenalan desain produknya serta tradisi yang menandai ikon Italia ini, adalah salah satu aspek kontribusi utama terhadap Total Brand Strength Score Vespa.

Afinitas atau ketertarikan juga penting dalam menentukan nilai merek karena menekankan perasaan positif klien yang kuat terhadap perusahaan.

Secara keseluruhan, merek Vespa memenuhi tuntutan seperti ekspresi diri dan kesenangan, yang melampaui utilitarianisme mobilitas belaka.

Bagi banyak orang, Vespa adalah lambang budaya Italia, dan merupakan ikon abadi yang warisannya telah menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia.

Selain sebagai skuter, merek Vespa dikaitkan dengan gaya hidup, adanya hubungan emosional utama dengan pelanggan di samping manfaat produk fungsional.

Mengomentari studi tersebut, Michele Colaninno, Piaggio Group Board Director for Strategy, Products & Innovation, menyatakan:

“Vespa adalah ikon gaya. Keunikannya menjadikannya salah satu merek yang paling dikagumi dan diinginkan, termasuk dalam ruang premium serta mode dan merek gaya hidup.”

“Untuk alasan ini, kita harus mulai membandingkannya dengan merek global lain di luar mobilitas murni,” katanya.

“Itu sebabnya kami meminta Interbrand, konsultan merek terkemuka dunia, untuk menentukan dan menganalisis nilai finansial merek Vespa. Ini bukan garis akhir, tetapi hanya titik awal baru saat kami terus membangun masa depan Vespa,” ujar Colaninno.

  • Share