Panglima TNI soal Keamanan Laut Cina Selatan: Kami Operasikan Segala Kemampuan

  • Share

OtoMobile.id, JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan pihaknya telah mengerahkan semua kekuatan yang dimiliki TNI untuk pengamanan di wilayah Laut Cina Selatan.

Pengamanan dilakukan mengerahkan seluruh kekuatan tiga matra. 

“Intinya kami ini berusaha untuk mengoperasikan segala kemampuan yang dimiliki oleh angkatan darat laut dan juga udara,” kata Andika dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/1/2022)

Secara umum, dikatakan Andika, masalah Laut Cina Selatan paling menonjol ketimbang masalah yang ada wilayah Indo-Pasifik. 

“Di Laut Cina Selatan ini seperti yang saya sampaikan tadi kita sudah berusaha mengerahkan semua yang kami miliki sesuai dengan kemampuan kami saat ini,” sambungnya. 

Baca juga: TNI Angkatan Laut Berencana Bangun Markas Lantamal dan Fasharkan di Natuna

Untuk di wilayah Natuna, Andika menjelaskan, kekuatan tiga matra yakni Angkatan Darat, Laut hingga Udara sudah dimaksimalkan sedemikian rupa.

“Lima poin sebenarnya juga menggambarkan bagaimana kami mengoptimalkan semua yang kami miliki alut sista kemampuan yang dimiliki Darat, Laut dan Udara,” tuturnya. 

“Sedangkan di Indo Pasifik ini lah kami miliki yang bisa kami kerahkan dalan operasi-operasi kami selama ini,” pungkasnya.
 

  • Share