Toyota Daftarkan Paten Desain Bumper, Fortuner Legender Masuk RI?

  • Share
Jakarta

Toyota mendaftarkan paten desain bumper mobil baru. Dalam Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkum HAM, terdaftar satu bumper mobil baru Toyota yang belum pernah ada di Indonesia. Apakah itu Toyota Fortuner Legender?

Dari foto yang diunggah di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual, desain bumper yang diajukan patennya tersebut memang mirip dengan Toyota Fortuner Legender yang sudah diluncurkan di Thailand. Hal itu terlihat dari desain grille yang terbelah sebuah palang dengan logo Toyota di tengahnya.

Begitu juga dengan adanya lampu DRL di bumper bagian bawah. DRL itu mengapit skid plate yang mencerminkan sebuah SUV tangguh.

Namun, bedanya desain pada paten yang diajukan ini dengan Fortuner Legender yang sudah meluncur di Thailand adalah bagian foglamp. Bentuk rumah foglamp pada bumper mobil Toyota yang terdaftar di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual ini tampak sedikit berbeda dengan Fortuner Legender.

Toyota Ajukan Paten Desain Bumper Mobil, Fortuner Legender?Toyota Ajukan Paten Desain Bumper Mobil, Fortuner Legender? Foto: Pangkalan Data Kekayaan Intelektual

Toyota Fortuner Legender memang belum dijual di Indonesia. Namun, Fortuner Legender diduga sudah dirakit di Indonesia. Fortuner Legender itu terekam kamera dalam seremonial ekspor perdana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Jumat (17/12/2021) lalu.

Toyota Fortuner Legender memiliki perbedaan dibanding Fortuner yang sudah dijual di Indonesia saat ini. Desain dari Fortuner Legender kontras dengan new Fortuner yang dipasarkan di Indonesia saat ini.

Selain tampang dengan grille yang berbeda, varian Fortuner Legender menggunakan warna two-tone. Warna pada setengah bodi ke atap berbeda dengan warna bodi utama sehingga tampilannya lebih sporty.

Sementara dari sektor dapur pacu Fortuner Legender yang sudah dijual di Thailand punya dua pilihan mesin 2.4 liter dan 2.8 liter. Keduanya memiliki opsi 4WD.

Untuk mesin 2.4 liter turbo ini disebut lebih bertenaga yakni mampu memuntahkan tenaga sebesar 150 PS dan torsi 400 Nm. Sedangkan mesin 2.8 liter turbo mengalami peningkatan tenaga dan torsi hingga 204 PS dan 500 Nm.

Kedua pilihan mesin Fortuner tersebut sudah dijual di Indonesia saat ini. Namun, Toyota belum menawarkan varian Legender untuk konsumen di Indonesia.

Simak Video “Bocor, Toyota Bakal Bawa Fortuner 2.8 ke Indonesia?
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

  • Share