Sebastien Loeb ‘Taklukan’ Toyota Menjuarai Reli Monte Carlo

  • Share

Pebalap M-Sport Ford, Sebastian Loeb berhasil menaklukkan tim Toyota Gazoo Racing yang diperkuat Sebastien Ogier pada Reli Monte Carlo 2022 di Monako.

Bersama dengan navigator Isabelle Galmiche, Sebastien Loeb berhasil memenangkan gelar juara Reli Monte Carlo kedelapannya pada Minggu (23/1). Dengan hasil ini, Loeb sekarang menyamai rekor dari Sebastien Ogier dengan jumlah gelar yang sama.

Kemenangan tersebut diraihnya setelah mengemas dua dari empat etape (Special Stage) yang dilombakan pada hari terakhir Reli Monte Carlo 2022. Sementara itu, Ogier dengan Toyota GR Yaris Rally1-nya harus puas berada di posisi kedua.

Ban Bocor Gagalkan Kemenangan Toyota

Sebastien Ogier dan Toyota Gazoo Racing WRT sebenarnya tampil cukup dominan selama ajang reli ini berlangsung. Sayangnya, ia mengalami nasib buruk yang akhirnya membuka peluang bagi Sebastien Loeb untuk membalikkan defisit 21,1 detik dari sang rival.

>>> Regulasi Mobil Hybrid Gagal Membuat Pabrikan Tertarik Ikut Reli Dunia

Gambar Sebastien Ogier

Ogier gagal mempertahankan keunggulan karena mengalami trouble di etape terakhir

Ban depan sebelah kiri dari Toyota GR Yaris Rally1 yang dikendarai oleh Ogier mengalami kebocoran sehingga ia tak bisa tampil maksimal di etape terakhir. Padahal, Ogier tampak sangat menguasai hari terakhir Reli Monte Carlo yang berlangsung di daerah Alpes-Maritime.

Pada akhirnya, Loeb yang membawa Ford Puma Rally1 berhasil finis dengan keunggulan 9 detik dari sang rival yang finis di urutan kedua pada etape terakhir. Sementara itu pereli lainnya finis cukup jauh dari duo pebalap Prancis ini dengan Craig Breen di urutan ketiga, Kalle Rovanpera di urutan keempat, dan Gus Greensmith melengkapi posisi 5 besar.

Sebastian Loeb Puncaki Klasemen WRC 2022

Dengan kemenangannya di Reli Monte Carlo, Sebastien Loeb kini memuncaki klasemen pebalap WRC (World Rally Championship) 2022 dengan mengantungi 27 poin. Pesaing terdekatnya adalah Sebastian Ogier yang mengemas 19 poin.

>>> Begini Tampang Toyota GR Yaris Versi Hardcore dan Terbatas

Gambar Klasemen Pebalap WRC 2022

Sebastien Loeb memimpin klasemen pebalap WRC 2022

Namun perlu diingat bahwa duo Sebastien yaitu Loeb dan Ogier hanya akan turun di beberapa seri reli sepanjang musim balap WRC 2022. Jadi bisa disimpulkan bahwa pemimpil klasemen yang sebenarnya adalah Kalle Rovanpera dan navigator Jonne Halttunen dari tim Toyota Gazoo Racing WRT yang berada di posisi ketiga.

Rovanpera yang merupakan juara bertahan WRC berhasil mengoleksi 17 poin di Reli Monte Carlo 2022, 5 poin di antaranya setelah memenangkan Power Stage. Mampukah Rovanperan dengan Toyota GR Yaris-nya mempertahankan gelar juara bertahan di WRC 2022? Kita tunggu saja kelanjutannya.

>>> Tertarik Untuk Membeli Toyota Yaris? Silahkan Klik di Sini

  • Share