Menag Yaqut Prediksi Sepuluh Tahun Lagi Indonesia Kekurangan Penghulu

  • Share

OtoMobile.id – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memprediksi dalam negeri akan kekurangan penghulu setidaknya sepuluh tahun ke depan. Sebab, menurut data yang dimiliki Kemenag, jumlah penghulu hanya di angka 8.978 orang.

Jumlah tersebut masih setengah dari kondisi ideal untuk melayani pernikahan 2 juta peristiwa setiap tahunnya yang tersebar di 5.901 KUA di seluruh Indonesia.

Yaqut menerangkan, kekurangan penghulu dalam tempo 10 tahun mendatang dipicu karena tingginya angka pensiun para penghulu. Setidaknya 400 penghulu akan purna tugas setiap tahunnya.

“Saat ini Ditjen Bimas Islam berupaya menambah formasi calon penghulu, namun diperoleh hanya 150 orang setiap tahunnya,” ujar Yaqut dalam Raker bersama Komisi VIII DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/1).

Yaqut mengatakan, kondisi ini bakal mengganggu kualitas pelayanan publik, utamanya pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA). Dia pun meminta dukungan DPR RI untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Kondisi ini membutuhkan dukungan dari Komisi VIII untuk bisa membantu merealisasi target kuota penghulu di seluruh Indonesia,” ujar Yaqut.

Nikahkan 2 Juta Pasangan Tiap Tahun

Ia memaparkan fakta mencatat 8.978 orang penghulu yang ada setidaknya menikahkan 2 juta pasangan pengantin tiap tahunnya.

“Jumlah ini masih setengah dari kondisi ideal untuk melayani pernikahan 2 juta peristiwa setiap tahunnya yang tersebar di 5.901 KUA di seluruh Indonesia,” kata Yaqut.

Kurangnya penghulu ini, kata Yaqut akan berdampak pada menurunnya kualitas pelayanan publik. Saat ini pihaknya tengah berupaya untuk mengantisipasi hal itu dengan menambah formasi calon penghulu.

Namun, kata Yaqut hanya diperoleh formasi 150 orang per tahunnya. Angka ini masih tak bisa sebanding dengan jumlah penghulu yang memasuki pensiun 400 orang setiap tahunnya.

“Kondisi ini membutuhkan dukungan dari Komisi VIII untuk bisa membantu merealisasi target kuota penghulu di seluruh Indonesia,” ujar Yaqut.

Reporter: Yopi Makdori
Sumber : Liputan6.com [rhm]

  • Share