Pemerintah akan Buka Data Kepatuhan Penggunaan PeduliLindungi

  • Share

OtoMobile.id – Pemerintah akan membuka kepatuhan pengguna aplikasi PeduliLindungi dalam beraktivitas di masa pandemi. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa publikasi data tersebut sebagai kontrol tempat publik agar tetap patuh protokol kesehatan.

Dalam konferensi pers virtual melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Budi mengatakan bahwa publikasi tersebut telah mendapat izin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Ami dalam rapat terbatas.

“Tadi sudah diizinkan Bapak Wakil Presiden di ratas, data PeduliLindungi yang akan mengukur kedisiplinan protokol kesehatan boleh dibuka di publik sehingga kita bisa melihat lokasi-lokasi mana yang disiplin sampai ke level titik lokasinya, kantornya, tokonya dan mana yang disiplin sehingga masyarakat bisa membantu mengontrol penggunaan pedulilindungi,” ucap Budi, Senin (24/1).

Dia menjelaskan, langkah ini juga didasari atas meningkatnya kasus positif Covid-19 varian Omicron, khususnya wilayah Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek).

Kendati kasus Omicron terus melonjak tajam, Budi menuturkan bahwa kondisi tersebut sesuai dengan langkah antisipasi pemerintah.

Dia juga menekankan, agar masyarakat tidak panik kendati tidak mengesampingkan protokol kesehatan, khususnya memakai masker. Sebab, dikatakan Budi, kasus Omicron melonjak tinggi namun tingkat keparahan tidak lebih buruk daripada varian Delta.

“Kasus Omicron akan naik dengan cepat dan tinggi malah lebih dari kenaikan kasus Delta tetapi baiknya adalah naiknya cepat turunnya juga cepat, hospitalisasinya rendah,” jelasnya.

[eko]

  • Share