11 Drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa, ada Reply

  • Share

OtoMobile.id – Tahun demi tahun sudah berganti dan drama Korea selalu melakukan berbagai inovasi yang membuat drama ini tetap digemari oleh banyak orang. Drama Korea berhasil menjadi salah satu produk budaya yang tersebar di berbagai negara sekaligus menjadi bagian dari diplomasi budaya pop Korea Selatan.

Hal inilah yang membuat drama Korea berhasil meraih rating tinggi saat penayangannya. Bahkan, beberapa judul drama Korea berhasil meraih rating tertinggi yang sampai saat ini belum terpecahkan oleh drama Korea lainnya.

Drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa tersebut menjadi salah satu acuan atau barometer menjadi drama Korea yang paling populer. Selain itu, drama-drama tersebut menjadi daftar drama yang paling direkomendasikan di berbagai platform.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Senin (24/1), berikut 11 drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa, ada Reply 1988.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. The World of the Married (2020).


Drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

The World of the Married mengisahkan kehidupan Ji Sun-woo (Kim Hee-ae), seorang dokter kedokteran keluarga yang dihormati dan direktur asosiasi di Family Love Hospital di Gosan, Korea Selatan. Ia menikah dengan seorang calon direktur Lee Tae-oh (Park Hae-joon) yang amat dicintainya.

Namun, Sun-woo berpikir keluarganya sempurna sampai dia mengetahui bahwa Tae-oh berselingkuh dengan wanita lain bernama Yeo Da-kyung (Han So-hee). Berhasil menghadirkan cerita yang menarik bagi banyak orang, The World of the Married meraih rating tertinggi sebesar 28,37% saat penayangannya. Sampai saat ini, rating tersebut belum ada yang melampauinya.

2. Sky Castle (2018).

Drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Sky Castle bermula saat terjadi insiden bunuh diri Lee Myung-joo (Kim Jung-nan) seorang ibu yang dianggap sukses karena berhasil membawa anaknya Park Young-jae diterima di SNU. Namun, capaian tersebut dianggap Young-jae sebagai ambisi dari ayah dan ibunya.

Hal ini kemudian ibunya menjadi stres dan akhirnya bunuh diri. Sky Castle berhasil menghadirkan cerita yang cukup menarik sehingga menjadi tontonan yang cukup ramai ditonton saat perilisannya. Drama ini berhasil meraih rating sebesar 23,78% saat penayangannya.

3. Crash Landing on You (2019).

Drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Crash Landing on You mengisahkan saat Yoon Se-ri, seorang pebisnis perempuan di bidang fesyen terdampar di daerah Korea Utara tanpa sengaja. Hal itu terjadi saat paralayang yang ia gunakan terbang tanpa kendali setelah diterpa badai angin yang cukup besar. Se-ri kemudian ditemukan oleh Kapten Ri Jeong-hyeok, seorang kapten tentara Korea Utara yang diam-diam menolong Se-ri.

Di tengah usaha tersebut, hubungan Kapten Jeong-hyeok dan Se-ri semakin erat dan punya perasaan khusus satu sama lain. Namun, hubungan dua negara Korea yang tak akur, membuat hubungan ini pun dianggap sulit untuk diteruskan. Drama ini berhasil meraih beberapa penghargaan seperti 15th Seoul International Drama Awards, 3rd Annual Global TV Demand Awards, dan Grand Prize di 7th APAN Star Awards pada 2020. Selain itu, drama ini meraih Grand Prize kembali di Korea Communications Commission Broadcasting Awards pada 2021 dan berhasil meraih rating tertinggi ketiga sebesar 21,68% ketika penayangannya.

4. Reply 1988 (2015).

Drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Reply 1988 mengisahkan persahabatan 5 orang remaja SMA dan hidup bertetangga hingga mereka dewasa. Drama ini berlatar pada 1988 saat semua karakternya masih kecil dan bersahabat dengan baik.

Drama ini merupakan drama keluarga yang hangat dan tak jarang dapat membuat haru siapa pun yang menontonnya. Sebuah drama keluarga yang tak bosan untuk terus ditonton. Selain itu, drama ini berhasil meraih rating yang cukup ramai sekitar 18,8% pada saat penayangannya.

5. Guardian: The Lonely and Great God (2016).

Drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Guardian: The Lonely and Great God atau Goblin menjadi salah satu drama romantis yang penuh dengan kejutan. Goblin dimulai dengan eksekusi dari seorang jenderal militer.

Sebagai hukuman bagi tentara yang dia bunuh, Kim Shin dikutuk dengan kehidupan abadi. Satu-satunya yang dapat mematahkan kutukan tersebut adalah seorang wanita muda yang muncul 900 tahun kemudian yang ditakdirkan untuk menjadi “pengantin” goblin. Drama ini berhasil meraih rating 18,68% ketika penayangannya.

6. Mr. Sunshine (2018).

Drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Saat tentara Amerika Serikat melakukan ekspedisi ke Dinasti Joseon pada 1871, seorang anak laki-laki terpukau melihat sekumpulan orang yang membawa senjata ke mana pun mereka pergi. Hal ini lalu membuatnya ingin ikut dengan tentara tersebut saat mereka mulai pergi dari Joseon.

Hal itulah yang terjadi dalam drama Korea kolosal Mr. Sunshine. Anak tersebut kemudian direkrut dan dididik sebagai seorang tentara yang kelak akan kembali ke Korea menjelang kekuasaan Dinasti Joseon melemah. Drama berlatar Korea era 1900-an ini menampilkan gejolak orang Korea yang menjadi tentara Amerika dan jatuh cinta kepada salah satu perempuan aristokrat kerajaan. Drama ini berhasil meraih rating sebesar 18,13% ketika penayangannya.

7. Mr. Queen (2020-2021).

Drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr. Queen merupakan drama Korea yang mengisahkan Jang Bong-hwan, seorang pria dari zaman modern yang jiwanya terperangkap dalam tubuh Ratu Cheorin, seorang ratu dari dinasti Joseon. Drama Korea romantis yang berlatar sejarah ini tampil dengan baik dan membuat banyak orang tertawa geli dan kagum dengan cerita yang dihadirkan.

Drama Korea yang diperankan oleh Shin Hye-sun dan Kim Jung-hyun berhasil menjadi salah satu drama Korea terfavorit. Selain itu, drama ini berhasil meraih rating sebesar 17,37% saat penayangannya.

8. Love (Ft. Marriage and Divorce) 2 (2021).

Drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Love (ft. Marriage and Divorce) ini bercerita tentang kisah tiga wanita yang tak terduga harus menghadapi nasib buruk dalam kehidupan mereka. Mereka adalah Bu Hye-reyong, Sa Pi-young, dan lee Shi-eun. Drama ini mengisahkan dinamika pernikahan tiga orang wanita tersebut. Ada yang mampu menjalaninya dengan baik, ada yang terpaksa, dan ada juga memilih untuk mengakhiri pernikahannya.

Ketiga kisah tersebut terjalin satu sama lain membuat drama ini tak hanya meromantisasi pernikahan, tetapi juga menampilkan realitas yang benar-benar terjadi dalam sebuah pernikahan. Selain itu, drama ini berhasil meraih rating sebesar 16,58% ketika penayangannya.

9. Itaewon Class (2020).

Drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Apakah seorang narapidana punya masa depan? Nah, Itaewon Class berkisah tentang Park Sae-ro-yi yang berusaha membunuh Jang Geun-won, putra dari Jang Dae-hee, pendiri Jangga Grup. Karena kasus tersebut, Sae-ro-yi kemudian dipenjara selama beberapa tahun. Sementara itu, Oh Soo-ah, pacar Sae-ro-yi ditawari beasiswa universitas oleh Jang Dae-hee hingga kemudian menjadi Kepala Perencanaan Strategis Jangga Group.

Meskipun menjadi narapidana, Sae-ro-yi membuka bar dan restorannya sendiri untuk menjadi waralaba top di Korea. Sae-ro-yi kemudian mempekerjakan sekelompok orang aneh yang dipimpin oleh Jo Yi-seo yang menjadi manajer restoran dan bersaing dengan Jangga Group. Setelah beberapa tahun menjalan restoran tersebut, Sae-ro-yi sadar bahwa yang menolong dirinya saat berbagai serangan dari Jangga Group adalah dana tabungan yang ia miliki. Hal tersebut membuat bisnisnya cenderung stabil dan tidak gampang tumbang. Selain itu, drama ini berhasil meraih rating sebesar 16,55% ketika penayangannya.

10. Vincenzo (2021).

Drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Vincenzo merupakan drama yang berkisah tentang Park Joo-hyung (Song Joong-ki) yang diadopsi oleh keluarga Italia pada usia delapan tahun. Di negara tersebut, saat beranjak dewasa, ia melanglang buana dan bergabung dengan geng mafia sekaligus diadopsi oleh Don Fabio, kepala Keluarga Cassano.

Joo-hyung kemudian berganti nama menjadi Vincenzo Cassano dan membangun reputasinya menjadi pengacara para mafia kelas kakap sekaligus tangan kanan Don Fabio. Setelah Fabio meninggal, Paolo, putra kandung Fabio dan pemimpin baru Keluarga Cassano berusaha membunuh Vincenzo. Ia kemudian melarikan diri ke Seoul, Korea Selatan dan membangun reputasinya di negara asalnya tersebut. Drama ini menjadi salah satu serial drama terlaris tahun ini sejak dirilis pada 20 Februari 2021. Selain itu, drama ini berhasil meraih rating sebesar 14,64% ketika penayangannya.

11. 100 Days My Prince (2018).

Drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea 100 Days My Prince berkisah tentang seorang putra mahkota kerajaan di Joseon bernama Lee Yool (Do Kyung-soo) yang menghilang selama 100 hari dari istana. Lee Yool adalah orang yang perfeksionis, keras kepala, dan sering bersikap acuh. Namun, ia kemudian tiba-tiba menghilang secara tiba-tiba setelah jatuh dari tebing yang membuatnya luka berat.

Lee Yool kemudian bertemu dengan Yeon Hong-shim, wanita bangsawan yang menjadi agen solusi pertama di Joseon dan mereka saling menyimpan perasaan satu sama lain sejak pertemuan pertama. Drama ini berhasil meraih skor rating sebesar 14,41% dan menjadikan sebagai drama yang masuk 11 besar rating tertinggi sepanjang masa.

(brl/far)

  • Share