Duo Pucuk Pimpinan Korps Baret Merah Kini Diduduki Eks Ajudan Jokowi

  • Share

Brigjen Widi Prasetijono dan Brigjen Deddy menjabat Danjen dan Wadanjen Kopassus.

Oto Mobile ID, JAKARTA — Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerbitkan Surat Keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang mengatur mutasi dan promosi 328 perwira tinggi (pati) TNI tiga matra. Satu mutasi yang mencolok dan mendapat perhatian publik adalah promosi yang didapatkan Brigadir Jenderal (Brigjen) Widi Prasetijono.


Dari Kepala Staf Kodam (Kasdam) VI/Diponegoro, Widi diangkat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen) Kopassus. Widi merupakan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2014-2017. Abiturien Akademi Militer (Akmil) 1993 tersebut merupakan Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta pada 2011-2012 saat Jokowi menjabat Wali Kota Solo.


Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Prantara Santosa menjelaskan, mutasi yang dilakukan Panglima TNI juga sekaligus meresmikan organisasi dan satuan baru yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI. “Dari 328 perwira tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 di antaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI, diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 Tahun 2019, seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI,” kata Prantara di Jakarta, Senin (24/1/2022).


Dengan jabatan Danjen Kopassus, otomatis pangkat Widi akan naik satu bintang menjadi Mayor Jenderal (Mayjen). Dia akan menjadi Danjen Kopassus ke-34 menggantikan Mayjen Teguh Muji Angkasa yang juga dipromosikan senagai Pangdam XVII/Cenderawasih.


Dengan jabatan itu, kini dua pucuk pimpinan Korps Baret Merah akan dipimpin dua eks ajudan Presiden Jokowi. Sebelum Widi, Brigjen Deddy Suryadi sudah lebih dulu dilantik sebagai Wakil Danjen Kopassus pada 2021. Abiturien Akmil 1996 tersebut menjabat sebagai Ajudan Presiden Jokowi pada 2017-2019.


Adapun Deddy menjadi Wakil Danjen Kopassus menggantikan Brigjen Tri Budi Utomo yang dipromosikan sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Tri Budi adalah jenderal kelahiran Solo yang kariernya juga moncer pada era Jokowi.

  • Share