Jajal Honda BR-V Terbaru, Mobil Keluarga yang Bisa Nyetir Sendiri

  • Share

Kali ini Fikri Wahyudi mewakili tim Cintamobil.com untuk merasakan sensasi berkendara jarak jauh dengan Honda BR-V terbaru ke Jawa Tengah selama 3 hari 2 malam

Generasi terbaru dari Honda BR-V satu ini memang sangat menarik perhatian kami. Tidak hanya desain terbaru dari BR-V yang sangat memanjakan mata. Dari segi fitur, kenyamanan, dan kehematan memang diatas rata-rata rival satu segmennya.

Honda All New BR-V 2022

Seberapa asyik BR-V terbaru ini diajak plesiran ke luar kota?

Dan kali ini saya Fikri Wahyudi yang mewakili tim Cintamobil.com akan mencoba untuk menjabarkan apa saja yang membuat BR-V terbaru ini sangat menyenangkan. Yuk simak lebih dalam ulasannya.

Sensasi Honda Sensing

Pertama untuk fiturnya, Honda BR-V terbaru ini memiliki fitur canggih dengan nama Honda Sensing. Fitur satu ini terdiri dari beberapa fitur keselamatan dan juga fitur asisten, yang bisa memberi rasa aman dan memudahkan Anda ketika berjalan jauh.

Honda BR-V 2022 warna putih

Kami tes Honda BR-V terbaru ini hingga ke Ungaran, Jawa Tengah

Dan enaknya lagi, kami merasakan secara langsung seperti apa mudahnya mengemudikan New BR-V ketika bepergian jauh seperti ke Ungaran, Jawa tengah. Dengan total jarak tempuh nyaris 500 km menggunakan rute tol dari Jakarta ke Ungaran Jawa Tengah, pengemudi bisa dibilang hanya 30% untuk ngegas dan rem mobil selama perjalanan ke Jawa Tengah.

Tombol Honda Sensing Honda BR-V

Fitur ACC membuat pengendaraan Honda BR-V ini begitu rileks

Yes, itu semua berkat peran fitur Adaptive Cruise Control (ACC) yang membuat pengemudi tidak perlu ngegas dan rem ketika melewati jalanan bebas hambatan, jadi fitur ini bisa menjaga kecepatan yang diinginkan pengemudi dan juga menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan secara otomatis. 

Honda All New BR-V 2022 warna putih

Fitur-fitur yang ada di mobil ini membuat rivalnya harus segera putar otak

Selain itu, yang juga tidak kalah menarik adalah fitur Lane Keeping Assist System (LKAS). Nah, fitur ini juga sangat membantu kami ketika melewati jalanan bebas hambatan.

>>> Bukan Hanya Biar Murah, Ini Alasan Honda BR-V Tak Pakai Cakram Belakang

Jika kecepatan mobil di atas 72 km/jam, pengemudi tidak harus memegang setir ketika fitur LKAS aktif, karena komputer pada mobil melalui kamera yang ada di windshield akan menangkap garis marka jalan dan akan menjaga mobil selalu di dalam garis tersebut.

>>> First Drive Honda BR-V Prestige 2022: Karakter Tetap Sama dengan Berbagai Peningkatan

Namun, pengemudi akan tetap diminta dalam rentang waktu beberapa detik untuk menyentuh setir,itu bertujuan untuk memastikan pengemudi masih dalam kondisi sadar. Sehingga dengan adanya dua fitur ACC dan LKAS tersebut membuat BR-V ini bisa berjalan secara otomatis atau semi autonomous.

Nyaman Dan Minim Body Roll

Hal kedua yang tidak kalah menarik adalah kenyamanannya, dari segi bantingan suspensi, BR-V terbaru ini memang sudah banyak berbenah yang membuat bantingan suspensi semakin empuk dan nyaman.

Eksterior belakang Honda BR-V 2022

Suspensi Honda BR-V 2022 ini nyaman tapi stabil

Tapi uniknya walaupun bantingan semakin empuk, body roll yang dihasilkan juga tidak terlalu parah dan tergolong stabil, setelah kami telusuri alasan body roll tersebut minim terjadi, karena desain dari sistem kaki-kaki belakang BR-V terbaru sudah menggunakan tipe H-Shape Torsion Beam yang membuatnya lebih stabil ketika melahap tikungan dan empuk ketika melewati jalanan dengan kontur buruk.

Eksterior depan Honda BR-V 2022

NVH juga ditingkatkan jauh

Kekedapan kabin yang semakin membaik juga menambah nilai plus untuk sektor kenyamanan Honda BR-V terbaru. Menurut klaim dari pabrikan Honda, BR-V terbaru ini sudah mendapat panyak peningkatan untuk peredaman suara, serta mampu mengurangi kebisingan hingga 60% dari generasi sebelumnya.

Honda BR-V 2022 di jalan tol

Peredaman suara Honda BR-V terbaru ini cukup baik

Dan bagaimana hasilnya? Secara mengejutkan ketika melewati jalanan tol dengan kecepatan diatas 80 km/jam deru yang dihasilkan dari ban memang terdengar tipis hingga ke dalam kabin. Ini juga berkat peredam baru berbentuk foam dan juga busa di sekujur bodi mobil.

Konsumsi BBM Hemat

Tidak hanya itu, ketika mobil berjalan di jalanan yang cukup ramai, suara kendaraan di luar mobil juga terdengar tipis hingga kedalam kabin. Dan yang terakhir adalah konsumsi BBM yang sangat baik dan juga hemat.

Mesin Honda All New BR-V 2022

Mesin serupa Honda City Hatchback RS dan City Sedan

Sepanjang perjalanan ke Ungaran Jawa Tengah, teknik mengemudi kami memang sedikit agresif alias tidak eco driving, tapi uniknya hasil dari konsumsi BBM BR-V terbaru juga masih tergolong irit, dengan rata-rata kecepatan diatas 70 km/jam BR-V terbaru ini bisa mencatatkan konsumsi BBM mencapai 16,8 km/liter.

Transmisi Honda All New BR-V 2022

Transmisi CVT bantu performa mobil

Itu semua berkat mesin serta transmisi terbaru yang semakin efisien 3% dari generasi sebelumnya, yang menjadikan BR-V generasi terbaru semakin hemat konsumsi BBM. Jadi begitulah rasanya Honda BR-V terbaru ini saat diajak plesiran ke luar kota.

  • Share