Maroko Lolos 16 Besar, Ghana Terancam Tersisih dari Piala Afrika 2021

  • Share

Timnas Ghana di ambang tereliminasi dari turnamen setelah imbang 1-1 melawan Gabon.

Oto Mobile ID, JAKARTA — Timnas Maroko memastikan diri lolos ke-16 besar Piala Afrika setelah menggasak Kepulauan Comoros 2-0. Sebaliknya, Ghana terancam tereliminasi setelah ditahan seri 1-1 oleh Gabon dalam laga Grup C lainnya, Sabtu (15/1/2022).Pada hari yang sama Malawi menghidupkan asa dengan menaklukkan Zimbabwe 2-1.

Dilansir Reuters, Maroko membuktikan diri bukan tandingan Kepulauan Comoros setelah menang 2-0 untuk mengukuhkan diri di puncak klasemen Grup C sehingga lolos ke babak 16 besar putaran final Piala Afrika di Kamerun. Selim Amallah mencetak gol pada menit ke-16 yang digandakan Zakaria Aboukhlal pada menit terakhir setelah Youssef En-Nesyri gagal mengeksekusi tendangan penalti pada menit ke-82.

Skor bisa lebih dari 2-0 jika Maroko bisa memaksimalkan semua peluang yang diciptakan dalam pertandingan menghadapi debutan Piala Afrika yang berlangsung di Stadion Ahmadou Ahidjo itu. Maroko kini mengoleksi enam poin, sedangkan Comoros belum pernah menang. Gabon menempel pada urutan kedua dengan empat poin, disusul Ghana satu poin.

Ghana di ambang tereliminasi setelah imbang 1-1 melawan Gabon berkat gol dua menit menjelang akhir pertandingan yang dilesakkan Jim Allevinah. Ghana yang empat kali juara Piala Afrika memimpin pada menit ke-18 lewat gol hasil tendangan kaki kiri menakjubkan yang disarangkan kapten Andre Ayew.

Gabon yang baru mengemas satu poin dari dua pertandingan Grup C terancam tersingkir jika tidak memenangkan pertandingan berikutnya Selasa (18/1/2022) pekan depan melawan Kepulauan Comoros.

Laga Gabon melawan Ghana juga diwarnai perkelahian yang berakhir dengan kartu merah untuk pemain Ghana Benjamin Tetteh akibat perannya dalam perkelahian itu. Gabon tidak diperbolehkan menurunkan kapten Pierre-Emerick Aubameyang yang meski sudah bebas dari isolasi Covid-19 dilarang bermain oleh Konfederasi Sepak Bola Afrika.

sumber : Antara

  • Share